Ganti Aki Motor Perlu Reset ECU?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 06:09 WIB
Minimnya pasokan listrik membuat warga yang juga pengurus masjid di Pulau Papagarang membuka sewa pengecasan aki untuk penerangan lampu perahu nelayan.
ilustrasi Aki Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Motor zaman sekarang sudah dilengkapi Engine Control Module (ECM) atau Engine Control Unit (ECU). Nah, untuk mengganti aki motor yang sudah soak ternyata nggak bisa sembarangan.

Komponen ECU atau ECM menyimpan data kondisi kendaraan seperti kerusakan dan lainnya. Termasuk dengan kondisi aki soak, biasanya motor jaman sekarang bisa dilihat pada voltmeter di panel instrumen.

Seperti disampaikan Servis Advisor AHASS Depok, Sony bahwa saat aki drop pada motor akan muncul kode error di layar panel instrumen. Tapi saat aki sudah diganti baru, kenapa masih muncul kode error?

"ECU memberi informasi, aki sudah melewati batas servis, lalu muncul kode di indikator. Saat kita ganti baru kok masih nongol kode errornya, nah itu kode kegagalan dari ECU mesti dihapus atau namanya direset," terang Sony kepada detikcom, Rabu (13/1/2021).

Bisa disebut ECU ini akan memudahkan pemilik kendaraan untuk mengetahui masalah yang dialami oleh motor. Caranya adalah dengan mengirimkan sinyal melalui lampu indikator berupa kedipan yang merepresentasikan kerusakan tertentu. Reset ECU juga umumnya dilakukan saat servis dan pembersihan injeksi.

Ya, saat aki baru terpasang, indikator masih membaca kendala di sistem kelistrikan motor. Meski motor tetap bisa menyala, tapi kode error atau lampu check engine masih menyala di panel instrumen.

"Biasanya ketika sudah direset, kode itu akan hilang. Tapi jika belum hilang juga, akan diperiksa komponen lain yang bermasalah selain aki," jelasnya.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)