Kamis, 19 Nov 2020 07:02 WIB

Matikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Samping Bikin Aki Cepat Soak, Mitos atau Fakta?

Ridwan Arifin - detikOto
PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan amunisi baru di awal tahun 2020. Honda BeAT disegarkan dengan pembaruan fitur, rangka, dan mesin baru. Peluncuran di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020). Mematikan motor pakai standar samping bikin aki motor cepat soak? Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Sepeda motor matik dibekali fitur side stand switch -- fitur keselamatan di mana mesin motor secara otomatis akan mati jika standar samping diturunkan, lalu tak bisa dinyalakan. Kebiasaan pemotor mematikan mesin menggunakan standar samping apakah bikin cepat aki soak dan umurnya lebih pendek?

Dijelaskan Service Advisor AHASS Depok, Sonny, fitur keselamatan itu sudah diperhitungkan matang dari pabrikan. Aki bisa menjadi soak jika pemilik motor menurunkan standar samping tapi juga lupa mematikan mesin kontak.

"Nggak (bikin aki soak), tapi kalau matikan mesin pakai standar samping, dan lupa memutar kunci kontak (ke off) itu bisa bikin umur aki lebih pendek," kata dia saat berbincang kepada detikcom, Selasa (17/11/2020).

Ia merekomendasikan agar pemilik motor tetap mematikan mesin dari kunci kontak. Sebab saat mematikan mesin menggunakan standar samping, kelistrikan seperti lampu, dan panel instrumen masih bekerja.

"Lebih baik matikan mesin dengan memutar kunci kontak ke off, khawatir pemiliknya lupa. Misalnya abis matikan mesin motor pakai standar samping, motornya ditinggal, tapi kontak masih on, kan arus listriknya masih ada," jelas Sonny.

Dengan kata lain, fitur side stand switch tidak memutus arus listrik, tetapi hanya mematikan mesin. Aki motor berpotensi lebih cepat soak jika menurunkan standar samping tetapi tidak memutar kunci kontak ke off.

Di sisi lain fitur side stand switch merupakan terobosan pabrikan motor agar meminimalisasi resiko kecelakaan pengendara akibat lupa menaikkan standar samping pada saat ingin berbelok ke arah kiri atau pada jalanan yang tidak rata. Atau dengan tidak sengaja menarik tuas gas pada saat motor dalam kondisi diam.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com