Rabu, 11 Nov 2020 06:55 WIB

Tips Kendarai Mobil Matik Supaya Irit Bahan Bakar

Tim detikcom - detikOto
Mobil Matik Tips mengendarai mobil matik supaya irit bahan bakar. Foto: Autodeal
Jakarta -

Ada anggapan jika mobil bertransmisi otomatis alias matik lebih boros bahan bakar jika dibandingkan mobil bertransmisi manual. Benar tidaknya anggapan tersebut, satu hal yang perlu diketahui bahwa konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan bermotor sangat bergantung pada perilaku berkendara.

Seperti dilansir dari laman Suzuki, ada teknik berkendara mobil matik, yang bisa bikin konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Berikut adalah teknik-teknik tersebut.

1. Pastikan Kecepatan Tetap Konstan

Tubuh yang terus bergerak sudah pasti butuh energi yang lebih banyak. Sama juga dengan mobil, jika sering melakukan akselerasi, maka mesin akan bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak.

Transmisi mobil otomatis Hyundai yang menggunakan shiftronicTransmisi mobil otomatis Foto: Hyundai

Usahakan jangan terlalu sering memakai rem jika tidak perlu, jagalah kecepatan mobil supaya bisa konstan sehingga mesin juga akan bekerja lebih stabil.

2. Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem

Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. Kita bisa sejenak mengistirahatkan kaki dari pedal rem karena terlalu sering menginjak pedal rem juga akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar.

3. Pastikan Tekanan Ban Cukup

Ban akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tiap ban punya porsi tersendiri dan mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Ban yang punya tekanan kurang dari standar yang ditetapkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga berisiko menyedot bahan bakar lebih banyak.

4matic icon on a black modern car, all-wheel drive car concept, transportIkon mobil matik Foto: Getty Images/iStockphoto/Henadzi Pechan

4. Jaga Emosi Ketika Berkendara

Berkendara agresif seperti berakselerasi sangat cepat lalu mengeremnya mendadak bisa membuat pemakaian bahan bakar mobil matik jadi lebih boros. Jaga emosi saat berkendara dan berakselerasilah secukupnya, tidak perlu ngebut, apalagi ugal-ugalan.

5. Gunakan Jenis Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi Pabrik

Menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik penting dilakukan supaya pembakaran sempurna dan kerja mesin tetap optimal. Mesin dengan rasio kompresi tinggi, harus pakai bahan bakar dengan oktan tinggi. Sementara mesin dengan rasio kompresi rendah, juga harus menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com