Senin, 02 Nov 2020 16:54 WIB

Habis Touring Naik Motor saat Liburan Panjang, Jangan Lupa Ganti Oli Ya

M Luthfi Andika - detikOto
Oli motor Honda Ilustrasi pelumas atau oli motor Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Pelumas atau oli merupakan peranti paling penting agar mesin kendaraan detikers tetap yahud dan enak untuk ditarik. Demi menjaga performa motor tetap kece, jangan lupa untuk rutin untuk melakukan pergantian pelumas atau oli setelah melakukan perjalanan panjang.

Hal ini juga yang disampaikan Regional Sales Manager PT EMLI, Gervi irsyadi kepada detikOto.

"Jika jarak touringnya cukup panjang dengan trek yang cukup berat, ada baiknya mengganti oli terlebih dahulu agar mesin dapat melakukan pekerjaannya secara optimal begitu juga sebaliknya, setelah melakukan perjalanan jauh untuk segera melakukan pergantian pelumas," ujar Gervi.

Karena sebelum memulai aktivitas kembali, motor dalam keadaan prima akan lebih enak dikendarai.

"Jika menggunakan oli yg sudah lama tidak diganti kemudian melalui trek yang panjang, berat dan terjal, kerja motor akan jauh lebih berat dan akan mengakibatkan motor cepat panas atau dapat mengakibatkan overheat sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Begitu juga setelah melakukan perjalanan panjang disarankan untuk langsung mengganti pelumas sehingga kondisi mesin kembali prima," Gervi menambahkan.

Satu hal yang harus selalu diingat, pastikan ruang dalam mesin terisi dengan pelumas atau oli yang berkualitas tinggi. Jangan pernah ruang mesin kosong tanpa oli karena. Perlu diingat kalau oli mesin tidak hanya melumasi mekanisme mesin tapi juga mendinginkan.

Selain itu tanpa adanya oli atau saat oli mesin berkurang maka mesin akan cepat aus dan bisa membuat mesin jadi jebol.



Simak Video "Pembersihan Tumpahan Oli di Cibubur, Lalin Sempat Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com