Selasa, 13 Okt 2020 06:34 WIB

Oli Motor Manual dan Matik Itu Beda! Jangan Sampai Tertukar

Luthfi Anshori - detikOto
Oli motor Honda Ilustrasi penggantian oli mesin motor. Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk melumasi jeroan mesin, oli motor manual dan matik memiliki spesifikasi yang berbeda lho detikers. Maka dari itu, jangan sampai salah memberi oli untuk mesin motor kamu ya.

Seperti dikutip dari laman Federal Oil, oli motor matik dan manual punya perbedaan dari tingkat kekentalannya. Selain itu, pada oli motor matik ada yang namanya Automatic Transmision Fluid (ATF), yang berfungsi sebagai pelumas dan penghantar dalam hal mekanisme perpindahan transmisi.

Singkatnya, pada motor matik, oli juga berfungsi untuk melumasi perpindahan gigi transmisi. Sedangkan di motor bertransmisi manual, oli hanya untuk melumasi mesin.

Perbedaan lain juga bisa dilihat dari penggunaan kode Japanese Automotive Standar Association alias JASO. Di motor matik ditandai menggunakan kode JASO MB yang menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditif 'friction modifier', untuk menambah tingkat pelumasan oli sehingga dapat meningkatkan performa motor matik.

Sedangkan oli untuk motor manual ditandai dengan kode JASO MA, yang memiliki kandungan zat aditif, supaya kampas kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling.



Simak Video "Jelajah dengan Motor Matik, Grobogan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com