Apa Benar Ganti Oli Mesin Kendaraan Harus Dilakukan Tiap Bulan?

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 01 Nov 2020 17:14 WIB
Oli motor Honda
Ilustrasi penggantian oli mesin. Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Bagi sebagian pengendara mungkin sudah tahu betul kapan harus melakukan penggantian pelumas atau oli mesin kendaraan. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak pengendara yang mempertanyakan berapa lama sih interval penggantian pelumas yang paling tepat, sebulan?

Nah menjawab hal tersebut Regional Sales Manager PT EMLI, Gervi Irsyadi, menjelaskan untuk melakukan penggantian pelumas tidak melulu harus setiap bulan, namun bakal lebih bijak jika melihat seberapa sering kita sebagai pengendara beraktivitas.

"Ini semua tergantung pada pemakaian kendaraannya, sekiranya apakah perlu diganti olinya dalam waktu sebulan? Jika hanya jarang-jarang menggunakan kendaraan atau jarak tempuhnya hanya dekat-dekat saja, ini tidak perlu mengganti oli dalam satu bulan," kata Gervi.

"...yang perlu mengganti dalam satu bulan adalah jika kendaraan digunakan secara intensif dalam arti kata setiap hari dengan jarak tempuh yang jauh, ditambah dengan muatan yang banyak atau berat. Sehingga untuk membuat mesin menjadi lebih awet dan terawat, ada baiknya rutin dilakukan setiap bulan. Jadi semua itu berdasarkan penggunaan kendaraannya," Gervi menambahkan.

Selain berdasarkan seberapa sering penggunaan kendaraan, pelumas harus diganti saat pengendara sudah merasakan kendaraan tidak lagi nyaman dan tidak asyik dikendarai.

"Selain itu ganti oli sebaiknya pada saat kita sudah merasakan kendaraan tidak nyaman, biasanya kendaraan menjadi cepat panas dan akan menimbulkan suara mesin yang cukup kasar," tukasnya.

Saat ini PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) tengah menggelar program Mobil™ Vaganza mulai 27 Maret-31 Desember 2020, dengan memberikan memberikan penawaran menarik kepada para konsumen kendaraan roda empat, cukup melakukan penggantian pelumas pada seri produk Mobil 1™, Mobil Super™, Mobil Delvac™, dan Mobil Delvac™ MX yang bertanda khusus. Untuk pembelian minimum 4 liter, konsumen berkesempatan memenangkan hadiah menarik yang tersedia secara langsung, mulai dari voucher belanja, smartphone, hingga voucher liburan kemana saja.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lua)