Rabu, 21 Okt 2020 07:31 WIB

Motor Injeksi Mulai 'Brebet' hingga Susah Dihidupkan, Tanda Fuel Pump Melemah

Ridwan Arifin - detikOto
Motor karburator vs motor injeksi Apa pertanda fuel pump motor bermasalah? Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Punya motor injeksi tak melulu bebas perawatan dan masalah. Salah satu komponen vital dari motor injeksi ialah fuel pump. Apa saja pertanda komponen ini mulai melemah?

Dikutip dari laman Federal oil dan Wahana Honda, fuel pump bertugas mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor. Perangkat ini juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Namun ada kalanya fuel pump ini melemah. Alhasil bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal. Dan pastinya pembakaran tidak optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu sendiri.

Lalu apa saja tanda dari fuel pump mulai bermasalah?

Pertama, motor menjadi brebet alias tersendat. Umumnya terjadi ketika gas dipuntir, namun tenaga seperti tertahan, parahnya motor dapat mati alias mogok.

Kebiasaan buruk yang dapat merusak komponen pada sistem pengabutan injeksi ialah membiarkan motor kehabisan bensin.

"Biasanya akan terjadi masalah pada fuel pump atau indikator bensinnya jadi ngaco," ujar Oky salah satu penggawa bengkel AHASS Depok beberapa waktu yang lalu.

Dalam laman Federal Oil juga dijelaskan bahwa tangki bensin yang minim apalagi sampai kering bisa merusak fuel pump. Pasokan bahan bakar dilakukan sistem injeksi dengan pompa yang berbentuk dinamo.

Komponen tersebut memerlukan pendinginan melalui bahan bakar pada kendaraan. Jika sampai habis, pompa akan bekerja lebih berat karena tak ada pendinginannya.

Kedua, suara dengungan jadi pelan. Saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Apabila suara fuel pump rendah, maka bisa jadi memang fuel pump motor Anda sedang bermasalah atau dalam kondisi yang lemah.

Ketiga, karena jika injeksi motor Anda melemah maka motor Anda sudah pasti susah untuk dinyalakan. Bisa jadi fuel pump tidak bekerja secara semestinya hingga harus memencet electric starter berkali-kali.

Terakhir, ada kedipan pada check engine lamp. Sudah jelas kalau ada masalah yang terjadi pada motor Anda jika check engine lamp berkedip.

Pada sepeda motor injeksi, jika terjadi kerusakan, sensor-sensornya akan memberikan sinyal berupa lampu pemberitahuan atau Malfunction Indicator Light (MIL). Umumnya lampu berwarna kuning yang bergambar mesin atau sering disebut juga lampu Check Engine, letaknya berada di speedometer.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com