Rabu, 15 Jan 2020 16:53 WIB

Ceklis Sebelum Berkendara, biar Ingat Nyalakan Lampu Motor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pemotor wajib menyalakan lampu utama di siang hari. Foto: Pradita Utama Pemotor wajib menyalakan lampu utama di siang hari. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Masalah lampu motor mati masih menjadi perdebatan. Peraturan mewajibkan sepeda motor tetap menyalakan lampu meski di siang hari.

Ada sanksinya jika pemotor tidak menyalakan lampu utama di siang hari. Sanksinya menurut Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari terancam pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.



Mungkin masih banyak pemotor yang lupa tidak menyalakan lampu utama sehingga ditilang polisi. Nah, agar tidak ditilang, sebelum berangkat pengendara disarankan untuk melakukan pre-trip inspection.

Menurut Training Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA), Poedyo "Ipung" Santosa, pre-trip inspection adalah bagian dari proses mengidentifikasi kelainan pada kendaraan agar tidak berujung pada kecelakaan. Dia menyarankan agar pengendara meluangkan waktu setidaknya 5 menit untuk memeriksa kendaraan agar perjalanan lebih nyaman. Cara ini juga bisa memastikan lampu motor tetap menyala, jadi tidak akan ditilang lantaran tak menyalakan lampu motor.



Apa saja hal yang perlu diperiksa sebelum berkendara yang termasuk pre-trip inspection? Berikut ceklisnya menurut pria yang akrab disapa Ipung.

- Mulai dari cek bodi apakah ada lekukan, goresan tak dikenal misalnya
- Lalu cek roda (cek angin, apakah ada tusukan benda asing dll)
- cek rem (apakah masih enak saat ditekan atau justru berat, putar roda untuk mengetes rem atau cek dengan gerakan maju mundur)
- cek oli dan pelumas apakah sudah waktunya diganti, bisa dengan patokan kilometer atau bulanan
- cek sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik
- cek surat-surat, cek validitasnya (masa berlaku) seperti SIM dan STNK.

Simak Video "Polisi Apriesiasi Mahasiwa UKI yang Gugat Aturan Lampu Motor "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com