Jumat, 10 Jan 2020 19:46 WIB

Nyalakan Lampu Motor Siang Hari Bikin Aki Cepat Tekor? Ini Faktanya

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi motor menyalakan lampu di siang hari. Foto: Robby Bernardi/detikcom Ilustrasi motor menyalakan lampu di siang hari. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Masih ada anggapan umum jika menyalakan lampu motor di siang hari akan mempengaruhi sistem kelistrikan. Battery atau aki disebut cepat tekor jika lampu motor terus-terusan dinyalakan siang malam.

Anggapan itu pula yang kemudian mendorong dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra mengajukan keberatan dan menggugat UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mewajibkan pengendara menyalakan lampu sepeda motor di siang hari. Keberatan itu dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dengan posisi lampu utama yang otomatis menyala mengakibatkan pemborosan pada aki sepeda motor. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para driver online yang sehari-hari mencari nafkah dengan menggunakan sepeda motor," kata Eliadi yang tertuang dalam berkas permohonan sebagaimana dilansir website Mahkamah Kontitusi (MK).



Lantas apakah memang benar, menyalakan lampu di siang hari akan memperpendek usia pakai aki kendaraan?

Dijelaskan Kepala Mekanik Kawasaki Fatmawati, Eddy Yulianto, menyalakan lampu di siang hari, tidak akan mempengaruhi ketahanan aki kering ataupun basah, bahkan termasuk lampunya itu sendiri.

"Selama pengisian dari spull (kumparan) bagus dan normal dipastikan aki aman," kata Eddy, kepada detikcom, Jumat (10/1/2020).



Bagi yang belum tahu, fungsi aki adalah sebagai media penyimpan arus satu arah. Arus pengisiannya didapatkan dari spull atau generator. Pada aki terdapat pola kerja charge (isi) dan discharge (melepaskan).

Jadi ketika lampu motor dinyalakan dalam kondisi mesin hidup, maka akan ada pengisian kembali arus listrik di aki oleh generator. Sementara aki akan menyuplai arus untuk sistem kelistrikan seperti lampu dan lainnya.

Lalu adakah efek menyalakan lampu motor terus-terusan terhadap ketahanannya? Menurut Eddy, menyalakan lampu motor terus-terusan pada siang hari tidak akan membuatnya cepat rusak.



"Lampu motor mati itu terjadi apabila dalam menghidupkan atau start mesin, langsung ke rpm atau idle yang tinggi. Itu dapat mengakibatkan bohlam lampu putus. Kecuali pada motor tersebut sudah dilengkapi delay, yang berfungsi untuk menyalakan lampu pada saat posisi idle atau rpm sudah normal, baru lampu akan menyala," ujar pria yang akrab disapa Edoy.

Kewajiban menyalakan lampu motor di siang hari pun sebenarnya sudah direspon Agen Pemegang Merek otomotif di Tanah Air. Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi fitur Auto Headlight On (AHO) yang membuat lampu motor nyala seketika kala kunci kontak diputar ke posisi on.

"Karena ini sudah aturan dari pemerintah, maka dari pihak ATPM pun sekarang sudah memberi fitur yang secara langsung membuat lampu menyala secara otomatis," pungkas Edoy.

Simak Video "Polisi Apriesiasi Mahasiwa UKI yang Gugat Aturan Lampu Motor "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com