Rabu, 01 Jan 2020 12:44 WIB

Motor Masuk Tol karena Jalan Biasa Banjir, Perhatikan Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sepeda Motor Masuk Tol Taman Mini. Foto: Andi Saputra/detikcom
Jakarta - Jalanan di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir akibat hujan yang mengguyur dari sore kemarin hingga hari ini. Karena jalanan biasa banjir, banyak pemotor yang dibolehkan masuk jalan tol.

Salah satunya, seperti diberitakan detikNews, pengendara motor banyak yang masuk dan melintasi Jalan Tol Rawa Buaya Selatan dan keluar di Pintu Tol Puri Mansion. Beberapa petugas tampak berjaga di pintu tol, dan memperbolehkan pengendara motor melintas.



Meski halal masuk jalan tol karena kondisi darurat, pemotor harus tetap memperhatikan beberapa hal ini. Ditegaskan Andry Berliantio selaku praktisi defensive driving, pemotor yang berkendara di jalan tol karena kondisi darurat ini harus tetap dalam kaidah safety riding.

Motor Masuk Tol karena Jalan Biasa Banjir, Perhatikan IniFoto: Andi Saputra/detikcom


"Ikuti instruksi petugas seperti tetap di lajur kiri dan tidak memanfaatkan situasi karena masuk tol. Karena masih ada kendaraan lain yang lebih besar di sana," kata Andry kepada detikcom, Rabu (1/1/2020).



Berkendaralah dengan kecepatan sedang, terlebih jika situasi masih darurat huajn dan jalan pasti licin. Pemotor yang berkendara di jalan tol karena kondisi darurat sebaiknya tidak berhenti seenaknya sekadar untuk menikmati jalan tol.

"Masuk dan keluar sesuai arahan petugas jaga. Tetap pakai kelengkapan berkendara secara baik, untuk jas hujan gunakan model baju-celana. Waspadai hembusan angin dari samping (side wind) yang rentan mengganggu stabilitas motor. Tidak memaksakan diri naik tol saat hujan lebat dan pilih tempat berlindung yang menjamin keselamatan," ujar Andry.

Simak Video "Cerita Warga Soal Ngerinya Longsor di Bogor yang Tewaskan 1 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com