Sabtu, 28 Des 2019 10:35 WIB

Ingat Ya, Ini Alasan Jas Hujan Ponco Jauh Lebih Berbahaya!

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi jas hujan Foto: detikcom
Jakarta - Buat detikers, ada baiknya memilih jas hujan yang aman seperti jas hujan setelan alias 2 bagian terpisah layaknya sebuah pakaian. Soalnya menggunakan jas hujan model ponco itu jauh lebih berbahaya. Baik kepolisian dan praktisi keselamatan berkendara tidak menyarankan model jas hujan seperti ini.



"Jas hujan ponco (raincoat) itu sangat berbahaya sekali, bahkan di dunia saja jas hujan ini tidak disarankan untuk digunakan," ucap Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu, saat dihubungi detikcom.

Nah mau tahu apa saja bahaya dari jas hujan ponco menurut JDDC, yuk kita simak yang berikut ini.

1. Desain yang membahayakan

Desain jas ponco pasti memiliki ukuran yang sangat lebar. Bahkan tidak sedikit pengendara akan mengalami kecelakaan, dengan terhentinya roda, gear, dan rantai, akibat jas hujan ponco yang menyelip masuk ke roda motor.

2. Membuat tubuh pengendara lebih basah

Banyak yang berpikiran jas hujan ponco lebih baik dalam menghalau air hujan. Tapi kenyataannya tidak demikian, soalnya jas hujan ponco bisa membuat tubuh pengendara akan lebih basah dengan sisi kanan kiri yang masih memungkinkan air hujan masuk ke dalamnya.



3. Pengendara lebih mudah hilang keseimbangan

Bentuk lebar bahkan bisa menutupi lampu depan, bisa membuat pengendara lebih mudah kehilangan keseimbangan. Terlebih jika angin bertiup kencang.

4. Mengurangi kemampuan pengendara

Menahan halauan angin yang diselingi dengan air hujan, tidak hanya bisa menghilangkan keseimbangan tetapi juga bisa mengurangi skill berkendara.

Simak Video "Viral Evakuasi Jenazah Pakai Jas Hujan di Kendari, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com