Selasa, 17 Des 2019 15:50 WIB

Lihat Orang Nyebrang Tiba-tiba, Ini yang Harus Dilakukan Pengendara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Orang yang lagi nyebrang Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Baru-baru ini terjadi kecelakaan motor gede (moge) menabrak nenek dan cucu penyeberang jalan. Kecelakaan itu terjadi di Bogor, Jawa Barat.

Saat itu, nenek dan cucunya akan menyeberang jalan. Nahas, moge yang sedang melaju di Jalan Raya Padjajaran, Bogor, Jawa Barat, itu menabrak nenek tersebut dan cucunya. Penunggang Harley-Davidson yang diketahui bernama Heru Kurniawan itu dinilai tidak hati-hati dan menabrak nenek beserta cucunya tersebut.



Sebenarnya, menurut Founder dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, kecelakaan bisa saja dihindari kalau pengendara mampu mengantisipasi. Mungkin bagi sebagian pengendara melihat orang menyeberang jalan tiba-tiba akan membuat panik dan sulit mengantisipasinya. Jusri memberikan tips bagaimana yang harus dilakukan pengendara saat tiba-tiba melihat orang menyeberang jalan.

"Perlu dicatat, ancaman di jalan raya bukan cuma di depan saja. ada di belakang, atas, bawah, samping. Yang pertama yang dilakukan (jika tiba-tiba melihat orang menyeberang) adalah cek spion. Kalau di belakang aman, boleh putuskan untuk eksekusi (mengerem semaksimal mungkin hingga berhenti)," kata Jusri kepada detikcom, Selasa (17/12/2019).



Aman maksud Jusri di sini adalah jika setelah cek spion di belakang kita tidak ada kendaraan yang jaraknya terlalu dekat untuk mengerem mendadak.

"Misalnya, di belakang ada truk (yang jaraknya terlalu dekat), nggak mungkin Anda ngerem. Bisa ditabrak sama truk dari belakang," kata Jusri.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com