Selasa, 07 Mei 2019 15:18 WIB

Biar Nggak Cepat Lelah Riding di Bulan Puasa, Perhatikan Pola Istirahat

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Tips motor Foto: 20detik Ilustrasi Tips motor Foto: 20detik
Jakarta - Berkendara motor di tengah menjalani ibadah puasa tentunya jadi tantangan tersendiri bagi umat muslim. Apalagi jika sehari-hari harus menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer, bolak-balik ke tempat kerja dan rumah.

"Cukup banyak pengendara motor muslim yang sehari-hari membawa motor sampai total jarak tempuh 100 km, itu banyak sekali di kota-kota besar. Misalnya rumah di Tangerang, kerja di pabrik di Bekasi. Ini menjadi ujian saat ia menjalani puasa," kata instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu, kepada detikcom, Selasa (7/5/2019).



Dengan kondisi fisik dan stamina yang lemah, para pengendara motor juga diharuskan menghadapi kondisi kemacetan lalu lintas di jalanan ibu kota. "Pada jam-jam tertentu di bulan puasa terutama jam 4-5 itu lalu lintas sangat crowded karena bertepatan dengan jam pulang kantor. Mereka berbondong-bondong pulang," lanjutnya.

"Ketika pulang terjadilah kemacetan yang membuat ketahanan stamina pengguna motor ini terganggu secara emosional. Rentan marah, dan gampang terjadi konflik akibat lemah persepsi, lemah motorik, dan kondisi mental terganggu," jelas Jusri.

Maka itu, menurut Jusri sebaiknya orang-orang yang melakukan perjalanan panjang pada aktivitas motor pada bulan puasa ini, agar lebih memperhatikan pola istirahatnya.



"Misalnya setelah salat tarawih tidak usah berlama-lama lagi melakukan aktivitas lain, langsung istirahat. Kemudian pola waktu sahur. Biasanya ada orang sahur di jam 2 kemudian tidur, bangun lagi menjelang shubuh. Kemudian dia tidur lagi nanti jam 6 baru jalan. Siklus tidur semacam ini akan memperburuk kualitas istirahat," terang Jusri.

"Jadi sebaiknya habis salat tarawih, nggak lama kemudian dia tidur. Nanti menjelang imsak begitu, misalnya jam 4, dia bangun untuk sahur. Makan sahur setengah jam setelah itu sholat subuh, kemudian bisa lanjut tidur. Nanti jam 6 baru berangkat kerja," pungkasnya.


Kebutuhan Transportasi Online Meningkat di Bulan Puasa:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed