Rabu, 02 Jan 2019 12:31 WIB

Bagian Motor yang Wajib Diperiksa setelah Touring Akhir Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Touring motor. Foto: Istimewa/AHM Touring motor. Foto: Istimewa/AHM
Jakarta - Libur panjang akhir tahun 2018 berakhir sudah. Kini saat tepat bagi para bikers memeriksa kondisi motor kesayangan setelah dipakai untuk riding jarak jauh alias touring.

Dijelaskan Mekanik Astra Motor Dewi Sartika Cawang, Widodo Tri Lumaksono, ada beberapa komponen motor yang wajib diperiksa usai menempuh perjalan jauh. Namun sebelum menentukan komponen apa saja yang harus dicek, perlu dilihat dulu jarak yang sudah ditempuh.

"Kalau jarak tempuh masih di bawah 2.000 KM, yang perlu dicek adalah kondisi pelumasan dan kekencangan rantai roda. Selain itu, perlu mengecek saringan udara juga, jika sering melewati jalan berdebu," ujar Widodo, saat dihubungi detikOto, Rabu (2/1/2019).



Jika kondisi oli mesin sudah kotor, maka wajib diganti agar mesin tetap fit dan enak dipakai. Sementara untuk rantai, harus dibersihkan lebih dahulu dari kotoran yang menempel. Setelah itu cek ketegangannya, jika terasa kendur, kencangkan kembali dengan jarak main antara 2-3 cm.



"Sementara jika jarak tempuh motor di atas 2.000 km, perlu juga dilakukan pengecekan kampas rem depan dan kampas rem belakang. Bila perlu, cek juga kondisi bahan bakar, sebab saat touring dalam kondisi darurat, pengisian bahan bakar kadang nggak di SPBU," pungkas pria yang akrab disapa Dodo.

Sebagai tambahan, bagi pengguna motor matik bisa juga melakukan pengecekan di area CVT, sementara untuk pemilik motor sport wajib memeriksa area komstir atau kemudi yang kadang bermasalah setelah motor dipakai untuk riding jauh. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com