Jumat, 21 Sep 2018 10:03 WIB

Sparepart Ini Diklaim Bisa Atasi Getaran di CVT Honda PCX Lokal

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Getaran di CVT saat akselerasi awal jadi penyakit umum di beberapa model motor matik, salah satunya adalah Honda PCX lokal. CVT (PCX lokal) biasanya sering getar saat akselerasi awal dari posisi berhenti.

"Tapi getaran ini akan hilang sendirinya pada RPM menengah ke atas," begitu pengalaman Hendra Juniarsyah, salah satu owner PCX lokal.

"Ini memang seperti sudah menjadi karakter umum di motor matik. Tak hanya PCX, NMAX dan Vespa 4-tak juga punya karakter sama. CVT bergetar saat akselerasi awal," jelas Muhammad Ikim, dari RI Matic Shop, Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Untuk solusinya sendiri, bisa menggunakan sparepart modifikasi yang dijual RI Matic Shop. Paket ini terdiri dari beberapa komponen. Ada sepatu kampas kopling, mangkuk kampas kopling, per sentrifugal, dan karet damper.


Paket sparepart custom untuk CVT Honda PCX lokal Paket sparepart custom untuk CVT Honda PCX lokal Foto: Luthfi Anshori




"Untuk sepatu kampas yang di-custom, memiliki profil yang lebih tebal dan panjang dibanding sepatu kampas bawaan PCX lokal. Jadi lebih menggigit ke mangkuk kopling," klaim Ikim.

Sedangkan untuk mangkuk kopling modifikasi yang dijual, bagian dindingnya sudah dilubangi dengan diameter sekitar 5 mm. "Tujuannya supaya debu ogah numpuk dan bisa melepas hawa panas lebih cepat," lanjutnya lagi.

Selanjutnya, untuk komponen per CVT punya ukuran lebih panjang 1,5 cm dari per CVT bawaan PCX lokal. Selain itu karakter pegasnya lebih keras. "Jadi saat proses tutup dan buka gas, rpm nggak drop," tambah Ikim.

Komponen lain ada per sentrifugal yang dibikin lebih lembut dari part bawaan, tambahan karet damper sepatu kampas kopling, dan pilihan roller lebih ringan menyesuaikan kebutuhan pengendara.

Part-part tersebut dibanderol satu paket (trade-in) dengan harga sekitar Rp 720 ribu, sudah termasuk jasa pasang. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com