Selasa, 29 Mei 2018 03:56 WIB

Mudik Tidak Disarankan Naik Motor Kecuali Pakai 1.000-1.500 cc

Ruly Kurniawan - detikOto
Pemotor mudik Foto: Rengga Sancaya Pemotor mudik Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan utama yang dipilih oleh pemudik saat pulang ke kampung halaman. Tidak salah, namun Otolovers harus perhatikan juga ya sepeda motor yang digunakan. Disarankan jangan memakai motor berkapasitas 1.000 cc ke bawah.

Dikatakan Assistant to Departement Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Riecky Patrayudha bahwa motor kecil dilarang untuk dibawa mudik. Soalnya, kendaraan tersebut diperuntukkan sebagai transportasi dalam kota.



"Mudik dengan sepeda motor tidak disarankan kecuali kalau 1.000 cc atau 1.500 cc, seperti produk sebelah yang khusus turing. Kalau dipaksa, wah bisa-bisa rugi jasmani dan motornya sendiri tuh. Servis bakal sering kan," katanya di Jakarta.

"Kalau motor kita kan city bike yang tidak dipergunakan untuk perjalanan berat," lanjut Riecky.

Kalaupun dipaksa untuk dibawa mudik, paling maksimal jaraknya hanya 150 km saja atau sampai Puncak, Bogor. "Yang hanya ditempuh sampai 3 jam saja. Itu paling amannya kalau dipakai mudik," paparnya.



Di kesempatan yang sama Riecky juga tidak bisa menampik bahwa banyak pemotor yang tidak menghiraukan hal tersebut. "Ya sayangnya masih ada yang memaksakan diri bahkan ada yang sampai bonceng tiga atau bawa barang bawaan banyak. Tapi data dari kami, tidak banyak sih yang bawa motor Suzuki untuk mudik," tutupnya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed