Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 20 September 2017, 15:16 WIB

Ini Cara Ngerem dengan Moge yang Aman ala Polwan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Cara Ngerem dengan Moge yang Aman ala Polwan Polwan Latihan Naik Moge (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta - Melakukan pengereman saat berkendara, dengan sepeda motor misalnya, jangan asal ngerem, mesti tahu bagaimana pengereman yang baik dan benar. Apalagi untuk motor yang punya bobot berat seperti Harley-Davidson. Lantas bagaimana cara pengereman motor besar yang aman?

Menurut salah satu Perwira Pengendali BM Polwan Ditlantas Metro Jaya, AKP Yunita Natallia Rungkat, pengereman yang baik dan benar sehingga aman ialah menggunakan rem kaki.

"Kalau ngerem kita selalu diajarkan pakai rem kaki, jangan sekali-sekali ngerem pakai rem tangan, karena bisa slip dia, bahaya malah," ujarnya saat ditemui detikOto, di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang.

Selain menggunakan rem kaki, kopling motor juga perlu digunakan saat pengereman. "Jadi kopling sama rem kaki, itu nggak akan kemana-mana motor, safety-nya di situ," ucap Yunita.

Namun bukan berarti rem tangan tidak berguna. Menurut Yunita, rem tangan sebaiknya digunakan saat-saat tertentu saja. Dan ada caranya juga.

"Nariknya pun nggak yang langsung full, tapi dia lepas tarik lepas tarik," lanjutnya.

"Di luar polwan juga iya itu sudah safety riding-nya ya secara umum lebih safety rem kaki, sudah pakem juga kan (rem kaki)," pungaks Yunita. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed