Jumat, 19 Des 2014 10:25 WIB

Safety Riding

Jas Hujan Buat Motor, Bahan PVC Lebih Oke

- detikOto
Jakarta - Memilih jas hujan yang merupakan perlengkapan wajib di saat musim hujan, memang terlihat remeh. Namun, tahukah Anda, jas hujan yang tak tepat, tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara tetapi juga mengundang bahaya. Mengapa?

"Memilih jas hujan memang seperti hal yang remeh temeh. Tetapi, kalau pemilihannya tidak tepat, bisa mengganggu kenyamanan bahkan membahayakan," tutur Maman Firmansyah, penggiat safety riding yang juga pentolan komunitas pemotor di Tangerang kepada detikOto.

Maman pun menyodorkan beberapa fakta sebagai pendukung alasan. Menurutnya, bukan sekali dua kali orang yang mengalami kecelakaan akibat dipicu jas hujan.

"Ada orang yang jatuh dari motor karena ujung jas hujan masuk ke jeruji motor dan tersangkut. Leherpun terjerat dan jatuh," kata dia.

Fakta lain yang disodorkan, seorang pemotor ditabrak pengguna motor lain karena tak terlihat oleh penabrak karena pandangan yang terhalang air hujan. Pada saat yang sama, jas hujan yang berwarna gelap menjadikan sulit terlihat dengan jelas.

Oleh karena itu, Maman memberikan tips memilih jas hujan yang tepat untuk digunakan agar nyaman dan aman, seperti berikut :

1. Hindari jas hujan model ponco

Karena bentuknya yang seperti sayap dan ujungnya terlepas bebas, sangat waran untuk menyangkut di jeruji sepeda motor. Jika itu terjadi, akibatnya bisa fatal.

Sangat disarankan memilih jas hujan model pres alias model setelan jaket dan celana panjang. Model itu selain lebih aman, juga menjadikan penggunanya leluasa bergerak dan nyaman.

2. Pilih warna terang
Saat hujan tiba–-apalagi dengan intensitas curah yang tinggi--menjadikan pandangan pengguna kendaraan tak jelas. Oleh karena itu, agar terlihat oleh penggunaan kendaraan lainnya dengan jelas, pilihlah jas hujan dengan warna terang.

3. Bahan dari PVC lebih oke

Demi kenyamanan atau bahkan keamanan, pilihlah jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC).

Soalnya, bahan ini memiliki pori-pori yang lebih rapat sehingga kedap air. Walhasil kenyamanan saat menggunakannya juga lebih tinggi, dan kenyamanan akan mendukung keamanan saat berkendara.

(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com