Perhatian yang Punya Mobil Matic, Jangan Sering Begini Kalau Tak Mau Cepat Rusak

ADVERTISEMENT

Perhatian yang Punya Mobil Matic, Jangan Sering Begini Kalau Tak Mau Cepat Rusak

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 23 Jan 2023 20:16 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Transmisi mobil matic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni
Jakarta -

Mobil matic belakangan makin populer. Pengoperasian yang lebih mudah ketimbang mobil manual, membuat mobil matic jadi lebih disukai. Tapi tetap saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengendarai mobil matic. Misalnya menghindari beberapa hal yang memicu kerusakan dari mobil matic.

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari supaya mobil matic tidak cepat rusak seperti dikutip detikOto dari laman Nissan Indonesia.

1. Memindahkan Transmisi ke Posisi Netral saat Turunan

Mungkin ada beberapa pengendara yang beranggapan dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi netral bisa membuat konsumsi BBM lebih irit, terutama ketika melintas di turunan. Hal ini justru memicu kerusakan pada transmisi mobil. Kalau transmisi sudah rusak, ongkos untuk membetulkan transmisi itu akan sangat mahal. Maksudnya berhemat, yang ada justru merogoh kocek lebih dalam.

2. Memindahkan Transmisi saat Mobil Masih Berjalan

Hindari untuk memindahkan transmisi pada saat posisi mobil saat posisinya belum benar-benar berhenti. Semisal ketika lagi memarkir, saat ingin maju atau mundur, pastikan mobil dalam posisi berhenti baru memindahkan transmisi. Memaksa transmisi berpindah tanpa berhenti, ini dapat memangkas usia dari transmisi itu sendiri.

Begitu juga ketika mobil selesai di parkir, pastikan posisi mobil sudah benar-benar berhenti. Saat mobil berhenti dan Anda memindahkan transmisi ke P, akan ada mekanisme pengunci yang mencegah gir berputar untuk menggerakkan roda. Memindahkan ke transmisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya sama saja dengan mengadu mekanisme pengunci dengan gir. Besi beradu dengan besi dengan kekuatan mesin yang besar dan ini jelas dapat merusak lebih cepat.

3. Menginjak Pedal Gas dalam Posisi 'N' dan Langsung Pindah ke 'D'

Membejek gas dalam posisi netral membuat mobil siap menyalurkan tenaga besar. Sementara persneling bertugas memindahkan gigi. Dengan adanya tenaga besar dan langsung pindah ke D bisa membuat mobil selip dan transmisi cepat aus. Untuk itu, injak rem dulu sebelum memindahkan gigi ke posisi D supaya tenaga yang tersalurkan bisa sesuai.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT