Waspada! Ini 'Penyakit' yang Sering Menghantui Mobil Matic

ADVERTISEMENT

Waspada! Ini 'Penyakit' yang Sering Menghantui Mobil Matic

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 30 Des 2022 08:36 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Tuas transmisi mobil matic. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Jakarta -

Mobil matic lebih mudah dikendarai ketimbang manual. Kemudahan yang ditawarkan itu membuat mobil matic belakangan makin digemari. Namun, buat kamu yang juga tertarik untuk meminang mobil matic ada baiknya untuk mengetahui 'penyakit' yang sering menghantuinya. Dengan begitu kamu bisa menghindarinya.

Berikut ini deretan penyakit yang sering menghantui mobil matic seperti dikutip detikOto dari laman Suzuki Indonesia.

1. Oli Transmisi Bocor

Kebocoran oli pada sistem transmisi mobil matic, biasanya disebabkan oli yang jarang diganti. Di samping itu, cara berkendara juga turut bisa berkontribusi membuat kebocoran pada transmisi oli. Cara berkendara yang dimaksud seperti menginjak pedal terlalu dalam atau menghantam polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa melakukan penggantian oli secara berkala dan memperbaiki cara berkendara.

2. Sulit Menanjak

Permasalahan sulit menanjak ini umumnya dialami oleh mobil matic yang berusia sudah cukup tua. Ngemposnya tenaga pada mobil matic bisa disebabkan adanya kebocoran di ruang bakar atau rumah silinder.

3. Timbul Getaran pada Mobil

Munculnya getaran menjadi masalah paling umum pada mobil matic. Getaran tersebut muncul lantaran ada masalah pada transmisi dan juga mesin mobil karena kondisi kampas koling yang sudah aus sehingga terjadi gesekan pada kampas kopling.

4. BBM Lebih Boros

Mobil matic umumnya identik dengan penggunaan bahan bakar yang boros. Namun bila keborosan yang dirasa tidak wajar, bisa jadi mobil matic kamu mengalami gangguan. Borosnya BBM pada mobil matic biasanya disebabkan oleh tenaga torsi mobil yang tidak tersalurkan dengan maksimal untuk bisa menghasilkan tenaga ke sistem penggerak akhir. Kalau sudah begitu, kamu harus segera melakukan pengecekan kendaraan.

5. Muncul Suara pada Posisi Netral

Muncul suara pada saat posisi gigi netral bisa jadi menandakan mobil matic kamu bermasalah. Suara itu biasanya muncul karena bearing dan input shaft yang aus. Bila kamu mengalaminya, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel guna dilakukan perbaikan.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT