Salah Injak Pedal Berujung Maut, Begini Posisi Kaki yang Benar saat Nyetir

ADVERTISEMENT

Salah Injak Pedal Berujung Maut, Begini Posisi Kaki yang Benar saat Nyetir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 14 Des 2022 09:34 WIB
Nyeker sambil nyetir
Ilustrasi posisi kaki saat nyetir (Foto: detikcom)
Jakarta -

Seorang wanita tewas tertabrak mobilnya sendiri. Mobil itu dikendarai tetangganya yang membantu memindahkan mobil.

Perempuan inisial S (53) tewas tertabrak mobil miliknya sendiri di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Peristiwa itu terjadi saat mobil dipindahkan oleh tetangganya sendiri berinisial RA.

"Kendaraan Suzuki Ertiga nopol B-2956-FVK yang dikemudikan RA bergerak mundur bermaksud akan memindahkan posisi kendaraan karena menghalangi pembongkaran tenda," ujar Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Argadija Putra dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, peristiwa kecelakaan ini diduga akibat RA salah injak pedal gas dengan posisi gigi mundur. Alhasil, mobil masuk parit. Setelah itu, RA berusaha memajukan mobil, namun akhirnya menabrak korban.

Kecelakaan nahas akibat salah injak pedal gas sudah banyak terjadi. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyebut sebelum berkendara sebaiknya pengemudi mengenali dan memahami cara kerja dan operasional sebuah kendaraan.

"Khususnya salah injak pedal bisa dipelajari di awal, mana pedal dan fungsinya serta risiko-risikonya. Seperti, menginjak pedal gas harus dalam posisi duduk siap, posisi tumit ada di depan pedal dan menginjak pedal gasnya harus smooth serta clear area," jelas Sony kepada detikcom, Selasa (13/12/2022).

Sony menekankan, posisi tumit harusnya berada sejajar dengan pedal rem. Jika tumit berada sejajar dengan pedal gas, maka kaki pengemudi akan kesulitan mengoreksi ke pedal rem di saat kaget atau tiba-tiba harus mengerem.

"Lebih baik ngeremnya sempurna dan ngegasnya nggak sempurna daripada sebaliknya," sebutnya.

Terakhir, Sony mewanti-wanti agar pengemudi selalu menempatkan tumitnya di lantai mobil sementara yang beroperasi menginjak pedal hanya kaki bagian ujung depan. "Iya, tumit sebagai tumpuan. Nggak boleh gantung," katanya.



Simak Video "41 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Bus di Pakistan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT