Tuas Transmisi Mobil Matic Ada yang Lurus dan Zigzag, Bedanya Apa ya?

ADVERTISEMENT

Tuas Transmisi Mobil Matic Ada yang Lurus dan Zigzag, Bedanya Apa ya?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 19 Nov 2022 17:10 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Transmisi mobil matic model lurus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni
Jakarta -

Mobil bertransmisi otomatis semakin ke sini makin populer. Pilihan mobil dengan transmisi otomatis yang disajikan juga cukup banyak. Uniknya, beberapa mobil matic memiliki jenis tuas transmisi yang berbeda. Kalau diperhatikan beberapa mobil matic ada yang posisinya lurus namun beberapa justru zigzag.

Tapi apa perbedaan antara keduanya? Mana posisi tuas transmisi yang harus dipilih? Mengutip laman Car From Japan, para pabrikan memiliki pertimbangan tersendiri soal posisi model tuas transmisi lurus dan zigzag. Pertimbangan pertama ada pada kontrol dan keamanan.

Pada dasarnya, baik model transmisi lurus maupun zigzag memiliki fungsi yang sama yakni agar mobil tetap pada posisi gigi tertentu. Dari sisi keamanan, model transmisi model zigzag dinilai lebih aman.

Pola zigzag dapat mencegah pengendara salah memindahkan gigi karena posisi tuas transmisi harus akurat sesuai gigi yang ditentukan. Untuk itu, tuas transmisi zigzag disebut lebih mudah untuk dikontrol.

Sementara untuk posisi tuas transmisi yang lurus juga terbilang aman, namun cenderung membahayakan. Bayangkan ketika kondisi cuaca tengah hujan cukup deras dan tanpa sengaja karena tuas transmisi lurus, pengendara malah salah memindahkan gigi. Ini merupakan situasi yang cukup fatal.

Tapi saat ini, beberapa tuas transmisi dengan model lurus sudah dilengkapi dengan sistem kunci yang dapat mencegah terjadinya kesalahan saat pindah gigi. Biasanya tuas transmisi itu tidak akan berpindah begitu saja karena sistemnya akan mengunci. Sementara di tuas transmisi model zigzag justru biasanya tidak punya sistem pengunci. Tuas transmisi model lurus juga lebih memudahkan ketika melakukan perpindahan gigi.

Pertimbangan selanjutnya adalah biaya. Seperti diketahui, tuas transmisi model lurus biasanya memiliki tombol yang pengunci untuk menghindari kesalahan perpindahan gigi. Otomatis hal ini membuat ongkos produksi lebih tinggi. Maka dari itu disebutkan bahwa harga mobil dengan model transmisi lurus sedikit lebih mahal ketimbang model zigzag.

Jika kamu menginginkan perpindahan gigi yang lebih halus, pilihan tepatnya adalah tuas transmisi model lurus. Namun bila memilih pengontrolan kendaraan lebih baik, tuas transmisi zigzag bisa jadi pilihan ideal.



Simak Video "Mobil Matic saat Berhenti di Lampu Merah, Perlu ke Posisi 'N'?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT