ADVERTISEMENT

Tak Mau Tanki Bahan Bakar Berkarat? Panaskan Mobil dengan Rutin

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 07:46 WIB
Toyota All New Veloz
Aktivitas memanaskan mobil adalah sebuah rutinitas yang penting untuk dilakukan oleh pemilik mobil (Foto: Dok. Toyota-Astra Motor)
Jakarta -

Tak hanya saat akan dipakai, memanaskan kendaraan merupakan rutinitas yang seharusnya dilakukan oleh pemilik mobil.

Dilansir dari Auto2000, aktivitas memanaskan mobil ini dapat dilakukan dengan durasi yang tidak lama. Dengan adanya teknologi injeksi di kendaraan kekinian, memanaskan mobil dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Namun bagi detikers yang memiliki kendaraan tua yang belum menggunakan teknologi injeksi, memanaskan mobil ini dapat dilakukan dalam kurun waktu 5-10 menit. Aktivitas memanaskan mobil ini, paling tidak harus dilakukan 3 hingga 4 kali dalam satu pekan.

Sebab memanaskan mobil ternyata memiliki manfaat kepada kendaraan tersebut. Berikut 3 manfaat dari rutin memanaskan kendaraan:

1. Menghindari Aki Soak

Mobil yang dipanaskan secara rutin membuat aki terus bekerja dan dapat menyalurkan tegangan listrik secara terus menerus. Hal ini juga membuat tegangan dan voltase pada aki tetap terjaga.

2. Mencegah Karat pada Tangki Bahan Bakar

Ketika mobil diam dalam waktu lama dan tidak dipanaskan, maka udara dalam tangki bahan bakar akan tertahan dan dikhawatirkan mendatangkan karat. Tak hanya pada tangki, karat juga dapat merambah ke pelampung hingga indikator penunjuk bahan bakar.

3. Menjaga Oli dan Bahan Bakar Mengendap

Aktivitas memanaskan mobil juga bertujuan untuk menjaga sirkulasi oli dan bahan bakar agar tidak mengendap. Hal tersebut bisa terjadi jika tidak ada tekanan yang dilakukan mobil dan mesin tetap mati. Sehingga oli dan bahan bakar tidak dapat mengalir.

Endapan dari oli dan bahan bakar ini dikhawatirkan dapat menghambat pelumasan mesin dan penyaluran bahan bakar.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT