ADVERTISEMENT

APAR di Mobil Setengah Terpakai, Bisa Disimpan atau Harus Beli Baru?

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 15 Agu 2022 19:34 WIB
Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Servvo
Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Servvo (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) wajib ada di setiap mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, hingga landasan mobil barang. Hal ini diatur dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat.

Namun yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah APAR masih layak disimpan untuk berjaga-jaga, ketika sudah pernah digunakan walau sedikit?

General Manager PT Servvo Fire Indonesia, Hendra Prasetyo, tegas menjawab pertanyaan ini. Menurutnya APAR yang sudah digunakan tidak boleh digunakan kembali dan harus diisi ulang terlebih dahulu.

"Kalau sudah digunakan, boleh nggak disimpan lagi? Pertama pada saat kita membeli APAR itu harus kita tahu nih kadar risikonya, apakah kita butuh 1 kg atau 2 kg dan seterusnya. Artinya kita menempatkan APAR itu kan sesuai dengan risiko kebakarannya. Jadi kalau logikanya pada saat kita membutuhkan 1 kg, ya kita beli yang 1 kg," papar Hendra.

"Pada saat kita sudah gunakan setengah kg, masih ada setengah kg. Tapi alau pun alat ini bisa digunakan, artinya kan sudah tidak sesuai lagi dengan tingkat risiko kebakarannya. Misalnya kita simpan lah yang sudah terpakai ini, kan risiko kebakarannya tetap sama tapi punya kita sudah tidak sesuai kapasitasnya," lanjutnya.

Hendra menjelaskan, APAR yang sudah digunakan walau sedikit, akan rusak segelnya. Selain itu, bagian katup hingga seal-nya pun akan tertutupi oleh residu material APAR.

Dikhawatirkan, setelah digunakan, beberapa komponen pada APAR ini akan bocor halus. Sehingga bukan tidak mungkin isi dari APAR tersebut akan terus berukurang.

Servvo Indonesia menyarankan untuk selalu mengecek secara berkala kondisi APAR dan juga melakukan pengisian ulang, ketika APAR sudah digunakan.

"Jadi setelah digunakan, pertama tadi harus dikembalikan sesuai dengan kapasitas awalnya, yang kedua memang harus dibersihkan semuanya. Seal-nya dibersihkan, katupnya dibersihkan semuanya, kemudian segelnya akan dipasang kembali. Jadi ini bisa diisi ulang, semua APAR Servvo bisa diisi ulang," tutup Hendra.

Jawaban dari pertanyaan 'APAR yang sudah dipakai, baiknya disimpan atau beli baru lagi?' terjawab sudah. Servvo menyarankan agar APAR yang sudah terpakai untuk tak lagi digunakan. Namun bukan berarti harus dibuang, sebab APAR yang sudah terpakai seharusnya bisa diisi ulang kembali, dilakukan pembersihan hingga penyegelan, lalu dapat disimpan kembali di kendaraan untuk keadaan darurat.



Simak Video "Soleh Solihun: Cerita Motor Pertama sampai Touring Bareng Prediksi ke Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT