Mobil Keluar Asap Hitam, Ini Penyebabnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 17 Jun 2022 12:34 WIB
Asap Hitam Knalpot Mobil
Penyebab mobil diesel dan bensin mengeluarkan asap hitam (Foto: Getty Images/iStockphoto/Toa55)
Jakarta -

Sebagai pemilik mobil tentu kamu harus merawat seluruh komponen di dalam mesin. Jangan sampai, ketika mobil dipakai saat berkendara lalu muncul kepulan asap hitam yang bau keluar dari knalpot. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?

Munculnya asap hitam jangan pernah dianggap sepele, sebab hal tersebut bisa menjadi pertanda kalau mesin mobil mengalami kerusakan dan harus segera diservis. Selain itu, asap hitam ini juga menyebabkan polusi udara dan memperburuk kualitas udara di tempat tinggal kamu.

Dilansir dari Auto2000, ada sejumlah faktor yang menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot mobil. Bisa jadi disebabkan filter udara tersumbat hingga injeksi bahan bakar tidak berfungsi.

Penyebab Mobil Bensin Mengeluarkan Asap Hitam

1. Filter Kotor

Salah satu penyebab utama asap hitam dari knalpot adalah filter yang kotor. Kotoran akan menghalangi udara bersih mencapai mesin sehingga mempengaruhi sistem kontrol emisi. Hal ini mengakibatkan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi berkurang, sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

2. Sensor Oksigen Buruk

Fungsi utama dari bagian ini untuk mengirimkan informasi ke unit kontrol mesin agar bisa menjalankan mobil secara efisien serta mencegah emisi apa pun. Ketika sensor oksigen buruk, mobil pasti akan berjalan kurang efisien, konsumsi bahan bakar yang tinggi, idle yang buruk, masalah start yang sulit, dan berbagai faktor lainnya.

Penyebab Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Hitam

1. Filter Udara Tersumbat

Mesin yang berfungsi dengan normal akan membakar semua bahan bakarnya dan hanya mengeluarkan CO2 dan air. Namun, ketika bahan bakar hanya terbakar sebagian, asap hitam akan keluar dari knalpot.

Ketika hal ini terjadi, kamu harus memeriksa filter udara untuk melihat apakah terjadi penyumbatan karena kotor. Jika mampet, sebaiknya kamu segera membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

2. Sensor Mass Air Flow (MAF) yang Buruk

Sensor MAF ini memiliki tujuan utama untuk memastikan bahwa jumlah bahan bakar yang tepat dicampur dengan udara yang masuk ke mesin. Namun, jika sensor MAF bermasalah maka pencampuran yang tidak sesuai dapat terjadi.

Hal ini seperti banyaknya aliran udara yang masuk ke sistem sehingga mengakibatkan kelebihan bahan bakar yang mengalir ke mesin. Alhasil, bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot mobil.



Simak Video "4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)