ADVERTISEMENT

Ini Bus AKAP dengan Rute Terjauh di Indonesia: Naik Gak Kenal, Turun Jadi Saudara

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 14 Jun 2022 10:34 WIB
PO ALS
PO ALS (Antar Lintas Sumatra). (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Bus menjadi salah satu transportasi yang digemari masyarakat Indonesia, baik untuk rute jarak pendek maupun jarak jauh. Bicara bus dengan rute paling jauh, ada satu PO (Perusahaan Otobus) yang memiliki rute yang jaraknya nyaris 3.000 km. Saking jauhnya jarak itu, perjalanan ditempuh berhari-hari, hingga membuat para penumpang di bus itu jadi saling akrab dan menjadi seperti saudara sendiri.

Salah satu PO di Indonesia yang memiliki rute terjauh adalah PO ALS (Antar Lintas Sumatera). Berdiri pada 1966 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra Utara, PO ALS melayani berbagai rute AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) maupun AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

PO ALS juga melayani trayek-trayek jauh lintas pulau, seperti Medan-Jakarta, Medan-Bandung, Medan-Malang, dan paling jauh adalah Medan-Jember yang berjarak sekitar 2.839 km.

Dengan jarak nyaris 3.000 km tersebut, waktu tempuh di atas kertas sekitar 49 jam atau 2 hari. Namun praktiknya di lapangan bisa lebih dari itu, lantaran bus harus menjemput penumpang di berbagai titik, serta awak bus dan penumpang juga perlu banyak rehat di rest area karena jarak yang amat panjang. Akhirnya perjalanan itu pun bisa ditempuh selama beberapa hari, bahkan hampir seminggu.

Waktu perjalanan yang memakan waktu berhari-hari akhirnya menimbulkan keakraban, baik antara awak dan kru bus dengan penumpang, maupun antara penumpang satu dengan penumpang lainnya. Maka dari itu muncul istilah 'naik bus gak kenal siapa-siapa, turun bus jadi saudara'.

Ketua Umum BusMania Community, Zaenal Arifin, mengatakan bahwa saat ini PO ALS, masih menjadi perusahaan otobus dengan trayek terjauh di antara bus-bus Sumatra lainnya.

"Banyuwangi-Aceh, Jember-Medan. Itu busnya PO ALS. Memang untuk rute terjauh masih dipegang dia. Dan kalau diukur secara jarak, itu kayak dari ujung Eropa (Barat) ke ujung Eropa (Timur)," kata Zaenal dihubungi detikOto, beberapa waktu lalu.

Jika dibandingkan dengan jarak antar negara di benua Eropa, trayek Jember-Medan (PP) yang berjarak 2.839 km tersebut lebih jauh dari jarak Amsterdam (Belanda) ke Moskow (Rusia) 2.433 km atau jarak dari Berlin (Jerman) ke Ankara (Turki) 2.639 km

Dikutip dari salah satu situs jual beli tiket bus online, PO ALS menawarkan 4 pilihan kelas, seperti kelas AC-Toilet, kelas Non-Toilet, kelas AC-Toilet 28 Seat, dan kelas Super Eksekutif.

Saksikan juga program Viral: Mengenal Dimas Mangara Si Dada Jedak-Jeduk

[Gambas:Video 20detik]





(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT