Masih Goyang-goyangkan Mobil saat Isi Bensin? Awas Bahaya Mengintai

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 16 Mei 2022 19:25 WIB
LCGC tak isi bensin beroktan 92
Masih suka menggoyang-goyangkan mobil saat isi bensin? Ketahui dampaknya. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Meski terlihat ketinggalan zaman, nyatanya masih ada pengendara yang kerap menggoyang-goyangkan mobil saat tengah mengisi bahan bakar. Kebanyakan beralasan agar bahan bakar bisa mengisi ruang-ruang kosong di dalam tangki hingga penuh. Padahal cara tersebut sangatlah sia-sia saja dan justru berbahaya.

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, bahwa menggoyangkan mobil saat sedang mengisi BBM di SPBU tidak ada gunanya. Yang ada malah menimbulkan efek berbahaya untuk lingkungan di sekitar.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat dan kalau sampai cipratannya (bensin) terbuang keluar justru membahayakan," kata Sony Susmana dikutip Antara.

"Tidak tahu itu tradisi datang dari mana, pada intinya, aktivitas menggoyangkan kendaraan saat ini bensin itu sama sekali tidak ada manfaatnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Sony memaparkan bahwa tangki bahan bakar yang ada di setiap kendaraan jangan pernah disamakan seperti perut manusia ketika sedang minum. Ketika manusia bersendawa, kita isi kembali agar perut terisi sesuai dengan ukuran.

"Banyak alasan para pemilik kendaraan yang menggoyangkan kendaraan ini agar udara yang ada pada tangki ini keluar. Tangki kendaraan sudah ada saluran udara pembuangan. Jadi kita nggak usah repot keluar mobil untuk goyang-goyangin mobil," jelas Sony.

Dalam hal ini, BBM yang merupakan zat cair tentu akan dapat mengisi rongga-rongga paling kecil sekalipun di dalam tangki bahan bakar. Dengan begitu, sengaja menggoyangkan mobil agar zat cair tersebut bisa mengisi seluruh ruang di dalam tangki hanya akan sia-sia dan menguras energi pengemudi.



Simak Video "Hati-hati! Menggoyangkan Mobil Saat Isi BBM Ternyata Berdampak Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)