ADVERTISEMENT

Mending Mana, Beli Mobil Baru Apa Bekas?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 05 Mei 2022 07:03 WIB
Pasar mobil bekas Tanah Air diprediksi mengalami peningkatan di tahun ini. Meskipun saat ini pandemi Covid-19 kembali meningkat, namun hal tersebut dianggap bukan menjadi halangan bagi penjualan mobil bekas di Indonesia, Minggu, 27/2/2022.
Mending pilih mobil baru atau mobil bekas? Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Memiliki mobil masih menjadi impian bagi sebagian orang. Terlebih saat ini banyak pilihan model yang tersaji, baik itu bekas maupun baru. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kamu dapat memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Nah, bagi kamu yang baru berniat membeli mobil tapi bingung memilih bekas atau baru, berikut detikOto sajikan kelebihan membeli mobil baru dan mobil bekas masing-masing.

Kelebihan Membeli Mobil Baru

Mengutip laman Car and Driver, membeli mobil baru punya sejumlah keuntungan. Pertama, kamu bisa memilih spesifikasi yang sesuai dengan keinginan. Dealer juga dapat menyediakan mobil sesuai dengan keinginan kamu beserta dengan fitur di dalamnya.

Keuntungan yang kedua adalah mobil benar-benar baru. Kamu tidak perlu ragu apakah mobil pernah terlibat tabrakan, terkena banjir seperti halnya mobil bekas. Kalau kamu membeli mobil di segmen premium, mobil juga akan diantar langsung ke rumah menggunakan towing.

Seperti halnya barang baru lainnya, saat membeli mobil baru kamu juga akan mendapatkan garansi tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra. Biasanya garansi dari pabrikan ini berlaku untuk beberapa tahun. Di samping itu ada sejumlah pabrikan yang memberikan perawatan mobil berkala secara cuma-cuma.

Mobil baru tentunya sudah dilengkapi dengan fitur terkini baik itu hiburan, keamanan, dan juga keselamatan. Tentu saja dibandingkan dengan mobil bekas, fitur-fitur menjadi keuntungan yang membantu mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

Semakin ke sini para pabrikan juga mulai konsen untuk membuat mobil yang lebih ramah lingkungan dan hemat penggunaan BBM. Ini pastinya menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang berminat untuk meminang mobil baru. Biaya operasional kendaraan bisa jadi lebih hemat ketimbang mengendarai mobil bekas.

Kelebihan Membeli Mobil Bekas

Meski titelnya mobil bekas, tetap punya keuntungan lho. Pertama sudah pasti harganya. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, mobil bekas bisa menjadi satu solusinya. Kalau jeli, kamu bisa mendapatkan mobil yang bagus dengan harga ramah di kantong.

Keuntungan kedua dari membeli mobil bekas adalah depresiasi harga yang terlalu besar. Bila dibandingkan dengan mobil baru, depresiasi harga mobil bekas dari tahun ke tahun tidak turun dengan signifikan.

Mobil bekas juga menawarkan model yang beragam. Contohnya begini, kamu memiliki uang Rp 100 jutaan bisa mendapatkan mobil bekas jenis sedan. Tapi kalau incarannya mobil baru, pilihan kamu hanya terbatas di segmen Low Cost Green Car (LCGC).



Simak Video "Catat! Ini Bocoran Kendaraan Baru di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT