ADVERTISEMENT

Cara Bikin Mobil Kembali Bersih dan Nyaman Setelah Dipakai Mudik Lebaran

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 15 Mei 2022 10:15 WIB
Cuci mobil
Ilustrasi mencuci mobil. Foto: shutterstock
Jakarta -

Perawatan perlu dilakukan terhadap mobil yang baru digunakan untuk mudik lebaran. Tidak hanya komponen mekanikal yang perlu diperiksa, mobil juga harus dibersihkan atau dicuci.

Perlu diketahui, kondisi cuaca yang tidak menentu sepanjang perjalanan membuat bodi mobil kotor, baik lantaran debu maupun cipratan air hujan. Lebih lagi kabin mobil yang kotor karena sisa-sisa makanan, minuman, dan kemungkinan masuknya kotoran yang terbawa oleh alas kaki.

Berikut tips membuat mobil kembali bersih dan nyaman setelah dipakai mudik lebaran:

1. Persiapan Sebelum Mencuci Mobil

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti air bertekanan, kain plas chamois, kain mikrofiber, sampo khusus mobil, ember, cairan pembersih, serta bahan perawatan mobil. Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior.

Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dan usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil untuk memudahkan proses pembersihan.

2. Mencuci Bodi Mobil

Kamu bisa memulai dengan menyemprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat. Selanjutnya beralih ke bodi mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat bergerak turun dengan baik.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul waterspot atau jamur di bodi dan kaca mobil. Lakukan pemeriksaan pada bagian yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah grill dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

3. Membersihkan Ruang Mesin

Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Cukup memakai lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.

4. Membersihkan Kabin Mobil

Sama seperti eksterior dan kompartemen mesin, kamu harus hati-hati juga ketika membersihkan interior mobil. Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih. Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau.

Pakai vacuum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Sedangkan bagian jok berlapis kulit sintetis cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Interior cleaner dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk menghilangkan kotoran.

5. Pastikan Bagasi Mobil Bersih

Jangan lupakan juga bagian bagasi mobil. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Pakai vacuum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi untuk memastikan kotoran hilang. Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek.

"Perjalanan mudik dan libur Lebaran meninggalkan jejak berupa kotoran yang mengganggu dan bikin mobil tampak kusam dan tidak nyaman dikendarai. Oleh sebab itu, lakukan proses membersihkan yang efektif supaya mobil kembali bersih dan sedap dipandang serta nyaman digunakan," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT