Biar Nggak Kecewa, Ini 5 Tips Pilih Mobil yang Cocok buat Keluarga

Angga Laraspati - detikOto
Jumat, 29 Apr 2022 09:13 WIB
Ilustrasi Keluarga di Mobil
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Dalam memutuskan untuk membeli mobil keluarga tentu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sebab mobil keluarga memiliki fungsi untuk menunjang beragam kegiatan keluarga mulai dari antar anak sekolah, keperluan orang tua bekerja, hingga liburan bersama.

Secara general setidaknya tipe mobil besar seperti MPV dan SUV bisa menjadi mobil keluarga yang pas. Meski begitu, mesti diketahui terlebih dahulu fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang ada pada mobil tersebut.

Dilansir dari Alittllebitsocial, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih mobil yang cocok untuk keluarga, berikut di antaranya.

1. Fitur Ramah Anak

Dalam memilih mobil untuk keluarga, anak menjadi faktor penentu yang patut dipertimbangkan. Sebab anak-anak kerap membuat banyak kekacauan dan kebisingan sepanjang waktu. Apalagi anak-anak gampang bosan bila harus melakukan perjalanan yang panjang.

Sebenarnya beberapa produsen kendaraan sudah diberikan beberapa fitur khusus yang ramah anak. Seperti interior yang mudah dibersihkan dari percikan noda yang diakibatkan anak yang belepotan ketika makan, kabin yang luas agar anak dapat bermain-main, hingga entertainment unit di seat belakang.

2. Ruang Penyimpanan yang Lega

Mobil yang cocok untuk keluarga harus mempertimbangkan ruang penyimpanan yang lega. Seperti contoh ketika pergi ke tempat berlibur, anak-anak mungkin tak hanya membawa tasnya saja, tapi ada mainan atau stroller bila sebuah keluarga memiliki bayi.

Tentu untuk mengakomodir hal ini, dibutuhkan mobil yang memiliki ruang bagasi lega dan luas. Selain untuk tempat penyimpanan perlengkapan anak, bisa untuk menaruh keperluan lainnya seperti tas-tas hingga perlengkapan penting lainnya.

3. Kendaraan dengan Fleksibilitas

Beberapa kendaraan punya fleksibilitas yang cukup baik untuk menunjang keperluan keluarga. Dengan adanya fitur ini, kursi belakang mobil biasanya bisa dilipat untuk dijadikan ruang penyimpanan ekstra, meski harus mengorbankan jumlah penumpang.

Tapi dengan fleksibilitas ini, tentu membuat keluarga yang ingin pergi berlibur tak perlu khawatir bila barang bawaan ketika pulang menjadi lebih banyak ketika berangkat. Karena itu fleksibilitas sebuah kendaraan bisa menjadi pertimbangan.

4. Perhatikan Jumlah Penumpang

Jumlah penumpang tentu menjadi faktor lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil keluarga. Sebuah keluarga dengan jumlah 5-6 orang mungkin bisa memilih mobil MPV atau SUV 7 Seater sebagai pilihan.

Selain jumlah tempat duduk yang lebih banyak, biasanya mobil-mobil berbadan bongsor ini punya sederet fitur kenyamanan dan keamanan penunjang 5-7 orang. Tapi bila keluarga masih kecil atau berjumlah 2-4 orang, mobil sedan atau hatchback bisa menjadi pilihan.

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan

Pertimbangan penting yang harus diperhatikan adalah fitur-fitur keselamatan dan keamanan yang dihadirkan oleh sebuah kendaraan. Beberapa produsen juga sudah dilengkapi dengan beberapa aspek keselamatan yang lebih tinggi.

Salah satu produsen yang memberikan fitur keamanan canggihnya adalah Honda melalui L-SUV terbarunya yaitu All New Honda BR-V. Generasi kedua dari L-SUV Honda ini hadir dan didesain sesuai dengan kebutuhan orang/keluarga Indonesia.

All New Honda BR-V memiliki 4 tipe yaitu BR-V S M/T, BR-V E CVT & M/T, BR-V Prestige CVT, dan BR-V Prestige with Honda Sensing. Adapun di pasaran, Low SUV ini dibanderol dengan harga:

  • All New Honda BR-V S M/T: Rp 278.900.000
  • All New Honda BR-V E M/T: Rp 292.900.000
  • All New Honda BR-V E CVT: Rp 302.900.000
  • All New Honda BR-V Prestige CVT: Rp 324.900.000

All New Honda BR-V hadir dengan pilihan yang Value for Money yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di tautan berikut ini.



Simak Video "Kata Teknisi Jepang soal Mobil yang Cocok untuk Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)