Jangan Asal Tenggak, Kenali Jenis RON Bensin yang Cocok buat Kendaraan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 27 Jan 2022 16:57 WIB
Petugas SPBU melakukan pengisian BBM ke kendaraan bermotor di SPBU COCO Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2016).  Terhitung hari ini harga Pertalite naik dari 6.900 per liter menjadi Rp 7.050 per liter, harga Pertamax 92 naik dari Rp 7.600 per liter menjadi Rp 7.750 per liter dan Dex Lite naik dari Rp 6.750 per liter menjadi Rp 6.900 per liter.
Kenali jenis BBM yang cocok buat kendaraanmu. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Memilih jenis bahan bakar minyak (BBM) yang tepat perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan. Jangan sampai kendaraan bermasalah lantaran salah memilih bahan bakar.

Penggunaan BBM yang tepat untuk mobil dapat menjaga mesin kendaraan bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya. Sebaliknya, menggunakan BBM yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna dan berpotensi meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin.

Sudahkah kamu memilih BBM yang pas buat kendaraanmu? Yuk kenali bensin yang cocok buat mobil.

Bensin RON 90

Saat ini tersedia BBM dengan RON 90. BBM sekelas Pertalite ini cocoknya dipakai untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Suzuki mencontohkan, BBM RON 90 lebih cocok dipakai Suzuki Carry dan APV.

Bensin RON 92

Di atas RON 90 ada bensin dengan oktan 92. BBM sekelas Pertamax atau Shell Super ini memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan dengan oktan 90. Kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin. Hal ini membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1. Suzuki mencontohkan mobil seperti Ertiga dan XL7 lebih cocok pakai bensin RON 92.

Bensin RON 95

Di pasaran juga dijual bensin dengan RON 95. BBM jenis ini dapat digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1. BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik. Sehingga mampu mendorong kinerja mesin untuk mendapatkan performa lebih tinggi, efisien, dan dapat mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang akibat panas. Keuntungannya dapat mengurangi keausan komponen mesin.

Bensin RON 98

Terakhir ada juga bahan bakar dengan oktan 98. Bensin jenis ini lebih cocok untuk mesin mobil berperforma tinggi. Kemampuannya dalam memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin sangat dibutuhkan oleh mesin dengan spesifikasi kompresi tinggi yaitu hingga 13:1. Harganya pun terpaut jauh jika dibandingkan jenis BBM lainnya. Apabila digunakan pada mesin berkompresi rendah akan dapat mengakibatkan gejala fuel dilution. Gejala itu membuat BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna, meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar terasa lebih boros.

"Apabila pengendara kurang memahami kebutuhan BBM, pengendara dapat membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan maupun berkonsultasi dengan teknisi kami yang berpengalaman ketika sedang melakukan service rutin di bengkel resmi atau bertanya langsung ke pihak dealer saat awal pembelian," kata Hariadi.



Simak Video "Detik-detik Penggerebekan Rumah Penimbun 10 Ton Bio Solar Subsidi di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)