Ngeri, Pria Nekat Bakar Mobil yang Lagi Isi Bensin di SPBU

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 19:55 WIB
Mobil dibakar
Mobil dibakar Foto: Screenshot SCMP
Shenzhen -

Sebuah mobil mewah Porsche Cayenne tiba-tiba dibakar oleh pria di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Shenzhen, China. Belum diketahui motif dari pembakaran tersebut.

Dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Minggu (26/12/2021) peristiwa pembakaran ini terjadi saat mobil sedang mengisi bensin. Tiba-tiba saja seorang pria yang mengenakan jaket abu-abu mencabut selang nozzle dari lubang pengisian mobil. Sejurus kemudian, pria itu langsung menyalakan korek api di depan mulut nozzle.

Sontak saja api langsung merembet ke area samping kanan Porsche Cayenne generasi ketiga itu. Nyala api semakin besar, dan ternyata ada seorang wanita yang duduk di dalam mobil.

Petugas SPBU yang berlokasi di wilayah Shenzhen itu langsung bergerak cepat. Seorang langsung membuka pintu mobil untuk menyelamatkan wanita tersebut, sementara pada saat yang sama petugas SPBU langsung mengambil alat pemadam api.

Beruntung api bisa dipadamkan tanpa menimbulkan korban jiwa. Sementara pria yang membakar mobil tersebut langsung melarikan diri.

Seperti dilansir Daily Mail, pelaku sudah ditangkap oleh pihak kepolisian atas insiden tersebut. Belum diketahui apa di balik motifnya sehingga nekat melakukan aksi berbahaya sebab kasus itu masih dalam proses investigasi.

Lebih lanjut soal penanganan api, dikutip dari Fireandsafetycentre, Minggu (26/12/2021) kebakaran yang melibatkan cair yang mudah terbakar seperti bensin merupakan kebakaran kelas B.

"Ini adalah salah satu kelas api paling berbahaya, karena mereka berkembang sangat cepat dan menghancurkan segala sesuatu di depannya," tulis Fireandsafetycentre.

Alat pemadam api ringan (APAR) yang cocok untuk memadamkan ialah APAR jenis Karbon Dioksida (CO2), dan APAR Jenis Tepung Kimia (Dry Power). Pada prinsipnya, jika menggunakan tersebut ke titik api, akan mengurangi kadar oksigen dalam udara, sehingga api akan padam.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)