Tips Berkendara Mobil saat Hujan Deras dan Angin Kencang

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 26 Nov 2021 17:15 WIB
detikcom bersama Toyota Cross Hybrid sukses menjelajah beragam medan dalam Road Trip Jakarta-Bali. Salah satunya hujan deras yang mengguyur selama perjalanan.
Tips berkendara mobil di tengah hujan deras dan angin kencang. Foto: Muhammad Ridho/detikOto
Jakarta -

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Supaya tetap aman dan nyaman selama perjalanan menggunakan mobil di kondisi ekstrem tersebut, kamu perlu mengetahui tips-tips berikut ini.

Siklon tropis paddy terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah yang ditandai oleh angin kencang berkecepatan hingga 75 km/jam. Selain hujan intensitas sedang hingga lebat, dampak lain dari siklon ini adalah angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, supaya tetap dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman di tengah risiko badai, ada 7 langkah antisipasi dan solusi yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pantau Kondisi Cuaca Aktual

Kamu bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone. Bila ada potensi hujan lebat atau angin kencang, lebih baik tunda perjalanan. Kalau tetap harus berkendara, atur waktu yang paling aman, seperti tunggu hingga angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang paling aman dari potensi macet. Pantau pula kanal social media akun resmi polisi yang sering memberikan info terkini lalu lintas dan cuaca.

2. Segera Kurangi Kecepatan Mobil

Segera kurangi kecepatan mobil sekitar 20% atau 20-30 km/jam ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, apalagi jika disertai angin kencang yang bisa menyulitkan dalam memantau kondisi sekitar dan mengendalikan mobil.

3. Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Jangan mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel dan fokus hanya pada mengemudi mobil. Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

4. Jaga Jarak Aman di Jalan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

5. Pastikan Fitur Mobil Bekerja dengan Baik

Selain ban dan rem, fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan di antaranya adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil. Pastikan kondisinya dengan melakukan servis berkala di bengkel-bengkel favorit kamu.

6. Hindari Pohon atau Obyek Besar Tumbang

Kalau tiba-tiba di depan kamu ada obyek seperti pohon yang tumbang akibat angin kencang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil atau jalur jalan yang dilalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan kamu lewati, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman, lalu sesuaikan daya pengereman dengan situasi di lapangan. Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

7. Langkah Darurat Saat Gagal Menghindar

Bila terkena obyek besar yang terlempar atau tumbang akibat angin kencang, pastikan semua penumpang tidak mengalami cidera. Selamatkan barang pribadi seperti dompet atau ponsel, dan jangan memaksakan menyelamatkan barang lain seperti tas di bagasi. Segera keluar mengingat potensi bahaya masih ada. Seperti pohon lain tumbang, aliran listrik yang menimpa mobil, atau risiko kena tabrak mobil lain dari belakang.

"Cuaca buruk dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika AutoFamily mengemudi mobil di jalan. Langkah terbaik adalah melalui persiapan kondisi diri dan kendaraan supaya tidak mengalami masalah. Auto2000 siap membantu melalui servis berkala ditambah berbagai program promo menguntungkan. Segera kunjungi Auto2000.co.id sekarang.," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Jumat (26/11/2021).

(lua/din)