Kenali Penyebab Lampu Sein Mobil Mati Mendadak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 08 Sep 2021 11:51 WIB
Lampu Sein Mitsubishi ASX
Penyebab dan cara mengatasi jika lampu sein mobil mati mendadak (Mitsubishi)
Jakarta -

Lampu sein punya fungsi penting saat berkendara sebagai penanda saat mobil ingin berbelok pada sebuah persimpangan. Jika tidak menghidupkan lampu sein dan langsung berbelok, tentu akan membahayakan pengendara di belakang.

Namun apa jadinya jika kamu sudah menghidupkan lampu sein mobil, tapi ternyata lampu tidak hidup? Pasti ini cukup meresahkan bagi kamu dan pengendara lain yang ada di belakang.

Ada sejumlah faktor yang membuat lampu sein mobil tidak menyala. Tapi jangan khawatir dulu, kamu bisa mengetahui beberapa hal penting yang menyebabkan lampu sein tidak menyala meski tuas sein sudah digerakan.

Berikut ini penyebab lampu sein mobil mati mendadak:

1. Kabel Sekring Terputus

Faktor pertama lampu sein mobil mati bisa datang dari kabel sekring yang terputus. Kabel sekring sendiri terhubung langsung pada lampu sein mobil.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa cari di mana letak sekring lampu berada. Jika sudah menemukannya, coba cek terlebih dahulu adakah kabel yang terputus atau tidak . Apabila ditemukan kabel sudah putus, ini saatnya kamu mengganti dengan yang baru agar lampu sein bisa hidup kembali.

2. Bohlam Lampu Rusak

Selain kabel sekring yang putus, penyebab lainnya bisa datang dari bohlam yang sudah rusak. Jika ditemukan dalam keadaan rusak, kamu bisa mengganti dengan komponen yang baru dan sesuaikan dengan tipe mobil yang digunakan.

Dengan memilih bohlam lampu yang tepat, maka lampu sein mobil kamu dapat berjalan dengan normal dan bisa tahan lama. Untuk itu, ganti komponen bohlam yang sesuai dan pastikan keasliannya.

3. Kerusakan pada Flasher

Jika kabel sekring masih bagus namun lampu sein masih belum menyala, mungkin penyebab lainnya adalah kerusakan pada flasher. Apabila hal ini terjadi, kamu bisa mengganti flasher dengan yang baru dan pasangkan pada dudukannya.

Alasan membeli flasher yang baru karena saklar otomatis tersebut terdapat bekas terbakar. Sehingga kamu harus mengganti dengan yang baru agar flasher bisa berfungsi dengan optimal.

4. Cek Kondisi Aki

Dalam beberapa kasus, lampu sein mobil berhasil menyala namun cahaya yang dipancarkan mulai redup. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh kondisi aki mobil kamu.

Apabila tegangan arus belum mencukupi atau bahkan terus berkurang, hal ini menyebabkan lampu sein memancarkan cahaya yang redup atau bahkan mati. Untuk itu, pastikan juga kondisi aki mobil dalam kondisi baik. Demikian dikutip dari halaman resmi Daihatsu.



Simak Video "6 Komponen Mobil yang Mudah Rusak, Jika Lama Tak Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)