Kaca Film Dinilai Bikin Mobil Lebih Irit, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 01 Mar 2021 20:56 WIB
Tesla Model 3 Facelift
Penggunaan kaca film yang tepat dianggap bisa membuat mobil lebih irit, begitu juga untuk mobil listrik. Foto: Prestige Image Motorcars

Banyak anggapan semakin gelap kaca film maka semakin baik menolak panas. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Soalnya, kaca film yang transparan pun bisa menolak panas dengan baik jika materialnya bagus.

Menurut Billy, kaca film dengan kadar gelap 20 persen pun kalau material yang dipakai memang mampu menolak sinar Infra red (IR) dan ultra violet (UV) cukup bagus, bisa tetap tahan panas. Dengan tingkat kegelapan 20% kaca film yang memiliki teknologi itu bisa menolak panas tanpa harus mengorbankan visibilitas pengemudi. Cahaya yang masuk memang akan banyak, tapi panas menyengat tidak akan terasa sehingga kabin tetap terasa sejuk.

Sementara jika memakai kaca film sembarangan, dengan kegelapan 80 persen maka silau atau cahaya tidak akan masuk, tapi hawa panas akan bisa saja tetap terasa menyengat kulit. Apalagi, dengan kaca film yang terlalu gelap, pandangan berkendara akan terganggu karena kaca depan yang terlalu gelap.

Untuk kaca samping dan belakang, bisa memakai kaca film lebih gelap. Hal ini untuk sisi keamanan dan privasi. Jika Anda menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 60 persen hingga 80 persen, pandangan dari luar masih terjaga karena dari luar kaca film ini tetap gelap sehingga orang jahat tidak bisa leluasa mengintip isi mobil.

Halaman

(rgr/lth)