Velg Pecah Tiba-tiba Akibat Hantam Jalan Berlubang, Jangan Panik Ini Cara Berkendaranya

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 13 Feb 2021 21:23 WIB
Hujan yang mengguyur selama beberapa bulan belakangan membuat Jalan KH Noer Ali, Kalimalang, Bekasi, rusak parah. Jalanan berlubang hingga menimbulkan kubangan air.
Ilustrasi jalanan berlubang Foto: Agung Pambudhy/detikOto
Jakarta -

detikers mengalami atau pernah mengalami musibah velg pecah akibat menghantam lubang di jalanan? Jangan Panik, karena saat detikers mengetahui bagaimana cara mengendarai kendaraaan dengan tepat, hal yang buruk bisa dihindari.

Seperti yang disampaikan Marketing Director HSR Wheel Hendra Wijaya saat dihubungi detikOto. Hendra menjelaskan jika ada pengendara mengalami hal demikian, pastikan untuk tidak panik dan segera menuju ke bahu jalan.

"Bagaimana mengendalikan laku mobil saat terjadi velg pecah? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan," kata Hendra.

Hendra mengatakan setidaknya ada 7 cara yang bisa dilakukan, saat mengalami musibah velg pecah saat menghantam lubang, diantaranya:

1. Jangan banting steer ke arah yg berlawanan.
2. Turunkan kecepatan secara perlahan.
3. Nyalakan hazard.
4. Secara perlahan pinggirkan mobil ke area bahu jalan.
5. Pasang segitiga pengaman.
6. Jangan keluar dari tol tempat kalian mengalami pecah velg.
7. Hubungi Jasamarga atau pihak pengelola jalan Tol dan jelaskan situasinya untuk mendapatkan ganti rugi.

Dalam kesempatan yang sama, Hendra juga menerangkan melakukan pemilihan veleg yang tepat juga bisa menjadi cara yang tepat. Karena selain bisa membuat tampilan semakin sporty, veleg yang tepat juga bisa menjamin keselamatan saat berkendara. Untuk itu HSR Wheel turut memudahkan pelanggan dengan menghadirkan velg-velg bergaya JDM. Velg untuk aliran modifikasi ini termasuk di dalam Boroko Series, yang merupakan salah satu Original Design dari HSR Wheel.

"Kita bersama Tim R&D HSR Wheel memikirkan matang-matang desain dari masing-masing velg pada Boroko Series ini. Mulai dari segi ketahanan, bentuk, hingga konsep. Semuanya dibuat dengan matang demi mendapatkan hasil maksimal" Ucap Hendra.

Velg JDM dari HSRVelg JDM dari HSR Foto: dok. HSR

Boroko Series ini memiliki 9 produk yang masuk ke dalam aliran JDM. Diantaranya adalah HSR Gymkana, HSR Hyura, HSR Keunikai, HSR Boon, HSR Sebunsuta, HSR Indy, HSR Daimon, HSR Tikala, dan HSR Sirius.

velg-velg Boroko Series ini sudah tersedia di seluruh diler resmi HSR Wheel di Indonesia. Oh ya, untuk ukurannya tenang. Semua velg ini sudah bisa dipasangkan untuk semua varian mobil. Mulai dari diameter 15 inci, 16 inci dan 17 inci. Sedangkan untuk PCD (pitch circle diameter), dari double pcd 4x100 dan 4x114, kemudian 5x100 dan 5x114.

Dalam kesempatan yang sama, Aldhy mengatakan bahwa saat ini HSR memiliki produk aksesori terbaru yang proses pembuatannya menggunakan teknologi teranyar. Aksesori tersebut bernama Floating Cap yang memungkinkan logo HSR Wheel di tengah velg akan tetap diam walaupun ban mobil berputar.

"Ada juga aksesori terbaru dari kita namanya Floating Cap, ini kita buat menggunakan teknologi teranyar yang dapat membuat logo HSR Wheel ini diam dan tidak ikut berputar. Sepele emang kelihatannya, tapi tampak mewah dan berwibawa kalo dipasang pada velg HSR Wheel," tutup Aldhy.



Simak Video "Rival Pajero-Fortuner, Jeep Rilis Compass Facelift di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)