Mobil Dipakai Harian Mau Dimodifikasi, Perhatikan Syarat Utama Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 29 Des 2020 21:24 WIB
Daihatsu Dress-Up Challenge 2019 memasuki tahap final yang digelar di Ecovention, Ancol-Jakarta, Sabtu (23/11/2019).
Jangan mengabaikan fungsi ketika memodifikasi mobil harian. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang masih berlangsung, mobil pribadi masih menjadi pilihan utama moda transportasi yang lebih aman untuk bepergian.

Bagi beberapa penggunanya, mobil digunakan tak hanya sebagai alat bantu mobilitas, namun juga sebagai sarana mengekspresikan seleranya dengan cara dimodifikasi. Tapi perlu diingat, saat melakukan modifikasi mobil jangan sampai mengabaikan fungsinya sebagai alat transportasi ya.

Seperti dijelaskan CEO PT HIN Promosindo IAM Automodified, Reza Aliwarga, dalam acara Ngoprek Bareng Daihatsu yang disiarkan di kanal akun Instagram @daihatsuind, belum lama ini, pada dasarnya dalam hal modifikasi mobil terdapat beberapa kriteria yang dapat didandani seperti bagian Exterior, Interior, Audio, Undercarriage, dan bagian lain.

Secara umum, modifikasi termudah dan terjangkau yang paling sering dilakukan adalah mengganti komponen kaki-kaki, yakni pada velg. Selain proses bongkar-pasang komponen yang lebih mudah, velg juga dapat mendongkrak penampilan mobil secara signifikan. Setelah itu, dapat diikuti dengan modifikasi audio dan bagian lainnya.

"Dalam hal modifikasi kendaraan, selain persiapan seperti selera dan budget, para modifikator perlu memperhatikan 2 hal utama, yaitu form (bentuk) dan function (fungsi). Pastikan bentuk modifikasi mobil kita tetap mengutamakan fungsi kendaraan, yakni sebagai sarana transportasi, agar mobil dapat tampil keren, namun juga tetap aman dan nyaman dalam dikendarai baik bagi pengendara maupun orang lain di sekitar kita," ujar Reza.

Sebagaimana diketahui, Daihatsu bekerjasama dengan HIN (Hot Import Night) Promosindo dalam menyelenggarakan kontes modifikasi Daihatsu Dress Up Challenge sejak 2014 hingga saat ini. Pada tahun 2020 ini, Daihatsu menyelenggarakan kontes modifikasi ini secara virtual di seluruh Indonesia melalui DDeC (Daihatsu Dress up e-Challenge) 2020.

"Melalui modifikasi kendaraan, Sahabat muda dapat mengekspresikan diri dan unjuk kreativitas secara positif. Sahabat muda juga bisa mempertandingkan hasil kreasi modifikasi kendaraannya lewat kontes Daihatsu Dress up Challenge yang rutin digelar setiap tahun, dan hadir secara virtual pertama kali pada tahun 2020 ini untuk tantang para modifikator di seluruh Indonesia. Nantikan kontes modifikasi Daihatsu selanjutnya," ujar Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)