Banjir Promo Diskon Mobil, Ini Tips Beli Mobil Cash Biar Kantong Enggak Jebol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 22 Des 2020 10:48 WIB
beli mobil
Membeli mobil secara cash harus cermat biar nggak bikin kantong jebol. Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjelang akhir tahun banyak bertebaran promo diskon mobil. Membeli mobil saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tak sedikit juga konsumen yang memilih membeli mobil secara cash atau tunai.

Ada kelebihan-kekurangan antara membeli mobil secara kredit maupun cash. Membeli mobil secara cash memiliki keuntungan karena Anda tidak akan terikat utang dan beban bunga yang besar. Namun, membeli mobil secara cash juga bisa menguras tabungan dalam jumlah besar. Selain itu, membeli mobil cash juga tidak ada proteksi asuransi mobil, berbeda dengan kredit yang sudah termasuk asuransi.

Untuk itu, membeli mobil secara cash harus cermat. Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli mobil secara cash, seperti dilansir Lifepal.

1. Tentukan Waktu Membeli

Sebelum membeli mobil secara cash, disarankan agar menentukan waktu membeli mobil jauh-jauh hari. Misalnya, dalam waktu minimal enam bulan atau satu tahun sebelumnya.

Dengan harga yang tak murah, membeli mobil membutuhkan perencanaan yang baik. Jika membeli mobil cash tanpa perencanaan waktu, tabungan Anda akan terkuras dalam jumlah besar.

2. Cermati harga mobil

Dengan perencanaan waktu pembelian mobil secara cash, kemungkinan besar saat Anda membeli mobil harganya tak lagi sama. Dengan berbagai pertimbangan, harga mobil akan mengalami kenaikan pada periode tertentu.

3. Pilih instrumen investasi untuk mengumpulkan dana membeli mobil

Setelah menentukan pembelian mobil, Anda bisa mengumpulkan dana Anda di investasi rendah risiko. Dengan berinvestasi, proses pengumpulan dana yang Anda lakukan akan menjadi lebih ringan. Hal itu disebabkan karena imbal hasil beberapa produk investasi jelas melebihi bunga di tabungan bank.

Beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk tujuan di bawah satu tahun hingga tiga tahun adalah deposito, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan surat utang negara. Bila Anda memilih reksa dana, maka Anda bisa melakukan investasi dengan metode cost averaging atau berkala.

4. Kesampingkan gengsi dalam memilih mobil

Untuk membeli mobil secara cash, sesuaikan mobil dengan kebutuhan. Bila Anda sudah berumah tangga dan tinggal di wilayah rawan banjir, mobil 7 seater dengan ground clearance tinggi tentu menjadi pilihan yang tepat.

Jangan mengedepankan gengsi saat membeli mobil. Belum tentu merek dan desain yang kita inginkan memenuhi kebutuhan kita ke depan.

5. Jangan menyerah untuk memburu diskon

Usahakan untuk meminta diskon setiap kali Anda ingin membeli mobil. Dengan adanya diskon, maka Anda bisa mengalokasikan sisa dana untuk membeli mobil ke kebutuhan lain, misalnya untuk menambah dana darurat (bila kurang) atau membayar asuransi mobil.

Harga mobil kondisi baru namun produksi lama umumnya akan didiskon oleh dealer. Bahkan, diskonnya bisa lebih besar.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)