5 Tips Memilih Sarung Mobil yang Bagus, Biar Enggak Nyesel Belakangan

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 11 Des 2020 13:01 WIB
Cara memilih cover mobil yang tepat
Cara memilih cover mobil yang tepat. Foto: Auto2000
Jakarta -

Tidak hanya bagian mesin dan interior, area eksterior mobil juga perlu di rawat. Salah satu cara merawat eksterior mobil bisa dengan cara memberikannya car cover atau sarung mobil untuk menjaga mobil dari kerusakan ketika diparkir di rumah.

Sarung mobil melindungi mobil dari risiko terkena cakaran binatang seperti kucing yang naik ke atas mobil, dan yang penting juga melindungi mobil dari air hujan, debu, dan kotoran lain yang mengenai mobil ketika parkir. Kotoran yang menempel bisa membuat mobil tampak kusam dengan munculnya water spot atau jamur di bodi mobil dan meningkatkan risiko tumbuhnya karat.

"Meski begitu, Anda tidak bisa asal membeli car cover di pasaran. Pastikan cover mobil yang dibeli punya kualitas prima sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjaga mobil dari berbagai material yang merusak, terutama di musim hujan seperti saat ini," jelas Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, dalam keterangannya Kamis (10/12).

Berikut 5 cara tepat memilih cover mobil yang bagus:

1. Pastikan Ukuran Sarung Mobil

Anda bisa memilih cover mobil yang ukurannya sesuai dengan dimensi mobil. Pastikan jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Cover mobil yang terlalu besar membuatnya tidak terpasang dengan baik sehingga membuat bagian bawah tidak kencang. Sarung mobil dengan ukuran terlalu kecil akan menimbulkan masalah lantaran bodi mobil tidak tertutup sempurna dan ada risiko mobil terkena air hujan atau debu.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Jika kerap parkir mobil di tempat terbuka, sebaiknya pilih car cover dengan bahan parasut atau polyester karena tahan air. Masalahnya, car cover berbahan parasut ada risiko berembun pada bagian dalam, sehingga harus dijaga supaya tetap kering dan bersih. Sementara itu, jika lebih sering parkir mobil di dalam ruangan, bisa pilih sarung mobil berbahan fabric untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada mobil.

3. Pastikan Tidak Mudah Luntur

Hati-hati ketika memilih sarung mobil berwarna terang karena bahan dengan kualitas rendah bisa saja mengakibatkan warna sarung luntur dan mengenai bodi mobil. Tentu akan sangat menyulitkan apabila masalah ini terjadi.

4. Pelajari Lapisan Car Cover

Supaya dapat berfungsi dengan baik, cover mobil dengan kualitas memadai tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja. Di bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari. Pada lapisan kedua biasanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan. Lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil. Dan biasanya berbahan lembut supaya tidak mengakibatkan bodi mobil baret.

5. Beli di Tempat yang Tepat

Terakhir, Anda harus membeli sarung mobil di tempat yang terpercaya dengan bahan berkualitas. Car cover yang bagus terbuat dari material JN coating yang mengadopsi teknologi serat polyester modern, bersifat kuat dan punya daya tahan tinggi, serta dilapisi coating yang membuatnya anti air hingga 95% dengan efek daun talas.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)