Rabu, 28 Okt 2020 08:33 WIB

Libur Panjang Cuti Bersama Naik Mobil, Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Arus lalu lintas di Exit Tol Cileunyi, pada libur panjang ini terpantau ramai lancar. Tidak terjadi antrean kendaraan yang berarti. Long weekend bakal dimanfaatkan banyak orang untuk liburan. Jangan lupa bawa ini ya. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Long weekend ini bakal dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur. Anda juga berniat untuk berlibur menggunakan mobil pribadi? Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyarankan agar pengendara membawa peralatan utama. Yang paling penting adalah peralatan untuk mengganti ban.

"Dongkrak, kunci ban dan segitiga pengaman," kata Didi kepada detikom, Selasa (27/10/2020).

Menyiapkan perlengkapan itu setidaknya merupakan tindakan antisipasi jika terjadi sesuatu di luar rencana. Misal, ban kempis akibat bocor, Anda bisa langsung mengganti ban dengan ban serep yang dibawa.

"Biasanya di mobil-mobil baru dari dealer sudah ada kunci ban, dongkrak dan segitiga pengaman," ujar Didi.

Didi juga mengingatkan untuk mengecek kondisi ban serep. Sebelum bepergian, perlu dipastikan bahwa ban serep harus dalam keadaan prima. Kondisi ban serep masih layak dan pastikan tekanan angin ban serep sudah sesuai.

"Karena tekanan angin ban serep kalau nggak diperhatiin kadang lupa kan kempes, angin lama-lama bisa menyusut," ucap Didi. Sebab kalau kondisi ban serep sendiri diabaikan, akan menyulitkan ketika pengendara akan mengganti ban di tengah perjalanan liburan long weekend.

Tak lupa, Didi mengingatkan agar membawa senter hingga payung. Senter berguna untuk memberikan penerangan ketika terjadi masalah pada malam hari. "Kan kita nggak tahu, misalnya ada yang mogok malam kan butuh penerangan. Sama payung, dibilang sepele pas saat dibutuhkan nggak ada juga basah-basahan itu," sebut Didi.

Sementara itu, Didi juga menyarankan agar sebelum berangkat liburan long weekend, pengendara menyiapkan kendaraannya. Periksa bagian-bagian penting dari mobil seperti oli mesin, minyak rem, air radiator, air aki, air wiper, ban, karet wiper, hingga kelistrikan.



Simak Video "Alasan Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Dikurangi dari Segi Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com