Jumat, 24 Jul 2020 13:04 WIB

Kok Berani-beraninya Taruh Barang Miliaran dalam Mobil yang Diparkir?

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil pengusaha dibobol di Kemang Selatan Mobil Toyota Fortuner milik pengusaha yang dibobol di Kemang Selatan Foto: (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Berkaca dari kasus pengusaha Zen Zanuar yang mengalami musibah pencurian barang berharga saat parkir mobil, jadi pelajaran penting untuk kita semua. Namun ada pertanyaan besar, kok bisa ya menaruh barang berharga dalam kendaraan saat terparkir?

Pertanyaan besar tersebut juga dipertanyakan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu. Jusri menilai peristiwa ini harusnya tidak terjadi dan bisa hindari, karena kejahatan ini sudah kerap terjadi dan modus ini sudah cukup lama terjadi.

"Kasus-kasus ini klasik, saat saya mengetahui peristiwa ini saya prihatin dan kesel. Bukan karena nominalnya, tapi kok bisa barang berharga ditinggal begitu saja di dalam mobil. Empatinya kok begitu positif, padahal kejadian ini sudah sering terjadi," kata Jusri.

"Harusnya kejadian ini tidak terjadi, karena peristiwa ini sudah terjadi berulang kali. Sudah kita tahu bahkan media sering memuat tentang kasus atau peristiwa ini artinya pembaca dan masyarakat harusnya bisa belajar. Saat bawa barang berharga tidak ditinggalkan kalau ditinggalkan harus disikapi bagaimana?" Jusri menambahkan.

Lalu bagaimana menyikapinya agar kejadian ini tidak terjadi lagi. Jusri menjelaskan hal paling sederhana ialah tidak menaruh barang berharga di dalam kendaraan, dan pengendara tidak berperilaku yang menjadikan diri mereka sebagai target kejahatan.

"Bagaimana menyikapinya? Bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan pastikan tidak membuat sesuatu yang menarik perhatian kriminal yang menarget anda (korban kejahatan). Misalnya pastikan barang-barang berharga sulit dideteksi oleh pihak kriminal. Selanjutnya bawa barang-barang berharga seperti, ponsel, laptop, uang, dll, jangan pernah tinggalkan barang berharga di dalam mobil," ujar Jusri.

"Selanjutnya tidak memindahkan barang ke bagasi, kecuali dari awal sudah ditaruh dalam bagasi. daripada pindahkan ke bagasi di satu titik itu bisa menjadikan kita sebagai target kriminal. Selanjutnya mekanisme untuk perjalanan, kalau Anda perempuan perhiasan bisa menarik perhatian rorang lain dan menjadikan anda target. jadi usahakan saat berkendara selain tertib, perilaku aman di jalanan, dan harus menjaga barang-barang anda," tutup Jusri.



Simak Video "Tips Foto Agar Perut Tak Kelihatan Buncit"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com