Selasa, 21 Jan 2020 13:01 WIB

Mengenal Fitur WHIPS Volvo yang Selamatkan Korban Tertimpa Truk

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Facebook Zefa Art
Jakarta - Pemilik akun facebook Zefa Art menceritakan pengalamannya ketika berhasil lolos dari cidera parah akibat tertimpa truk. Zefa menjadi salah satu korban dalam kecelakaan truk kontainer di rest area KM 97 jalur B jalan Tol Cipularang (17/1/2020). Truk dengan dimensi panjang itu terguling saat memasuki SPBU sampai menabrak mobil-mobil yang terparkir.

Zefa menceritakan salah satu faktor yang membuat dirinya selamat dari risiko cedera parah. Faktor itu adalah fitur safety WHIPS alias Whiplash Protection System, yang ada di mobil tua besutannya Volvo S80.

Secanggih apa sih fitur WHIPS yang ada di mobil Volvo?



Melansir dari laman Volvo Cars, fitur WHIPS memberi perlindungan terhadap potensi cedera parah pada urat leher karena kepala tersentak. Sistem ini terdiri dari sandaran penyerap energi tabrakan dan sistem penahan kepala yang dirancang khusus di kursi depan.

Sistem WHIPS bekerja ketika terjadi tumbukan di belakang mobil, di mana sudut dan kecepatan tumbukan akan langsung mengaktifkan sistem keselamatan ini. Namun sebagai catatan sistem WHIPS hanya bisa bekerja saat sabuk pengaman digunakan.


Sistem WHIPS di mobil VolvoSistem WHIPS di mobil Volvo Foto: Volvo Cars


Untuk cara kerjanya, saat terjadi tumbukan dan sistem WHIPS aktif, maka sandaran kursi depan otomatis diturunkan ke belakang, sehingga mengurangi risiko cedera pada kepala.

WHIPS diperkenalkan di Volvo S80 pada tahun 1998. Dan sejak 1999, semua model Volvo tahun 2000 dan seterusnya telah dilengkapi WHIPS sebagai fitur standar di kedua kursi depan.



Menurut Volvo's Accident Research Commission, WHIPS disebut bisa mengurangi risiko cedera awal sebesar 33 persen dan cedera jangka panjang (yang berlangsung satu tahun atau lebih) sebesar 54 persen.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Truk Hantam Truk di Tol Purbaleunyi, Satu Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com