Sabtu, 18 Jan 2020 18:25 WIB

BMW Kecelakaan karena Jalanan Licin, Ingat Bahaya Hydroplaning

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mobil BMW M3 coupe 2009 yang diangkut di atas mobil derek akibat menabrak pembatas jalan Tol Slipi,Sabtu (18/1/2020) (ANTARA/ HO-dokumentasi PJR ditlantas Polda Metro Jaya)
Jakarta - Kecelakaan tunggal terjadi di Tol Slipi, Jakarta Barat. Sebuah sedan BMW menabrak pembatas jalan.

Dikutip detikNews, Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Bambang Krishady mengatakan kecelakaan ini disebabkan ban mobil tersebut selip. Mobil mengalami selip lantaran jalanan saat itu sedang licin dalam kondisi hujan.

"Kendaraan datang dari arah Semanggi menuju Grogol beriringan dengan rombongan kendaraan lainnya, kondisi hujan sehingga jalan licin. Sesampainya di TKP pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraan, sehingga ban mengalami selip dan tergelincir menabrak pembatas beton tol sisi kiri," kata Bambang saat dikonfirmasi seperti dikutip Antara, Sabtu (18/1/2020).



Kecelakaan ini sebenarnya bisa dihindari. Soalnya, jalanan saat hujan bisa menimbulkan hydroplaning yang cukup berbahaya untuk pengendara.

Kondisi hydroplaning menyebabkan permukaan ban tidak lagi mencengkeram aspal yang terlapis air sehingga menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan.



"Ada permukaan air yang berada di antara permukaan jalan dan roda yang bergerak," jelas Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian saat dihubungi detikcom, Senin (6/1/2020) lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com