Jumat, 05 Jul 2019 17:48 WIB

Sudah Tahu Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tuas transmisi mobil matic Toyota Sienta Foto: M Luthfi Andika Tuas transmisi mobil matic Toyota Sienta Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Saat ini mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic semakin populer, terutama untuk penggunaan dalam kota yang padat seperti di Jakarta. Karena praktis menjadi alasan banyak pembeli mobil memilih transmisi otomatis.

Memang menggunakan mobil matic lebih mudah karena tak harus mengoper gigi dan tak perlu menginjak kopling. Namun, sebelum menggunakan mobil matic pengemudi harus mempelajari dulu mobil matic tersebut.

Biasanya, di tuas transmisi terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 3, 2, dan L. Apa artinya? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Auto2000.



P maksudnya adalah Parking atau parkir. Biasanya, P digunakan untuk mobil yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak bisa digerakkan.

Transmisi matic di AvanzaTransmisi matic di Avanza Foto: Ari Saputra


R artinya Reverse alias gigi mundur. N adalah Neutral atau netral sehingga mesin dan transmisi tidak terhubung. Dan D adalah singkatan dari Drive atau jalan.

Biasanya, mobil matic melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi diatur secara otomatis. Pengendara tinggal menginjak gas dan rem.



Tak cuma itu, ada juga angka 3 di tuas persneling. Fungsinya sebenarnya sama seperti D yaitu untuk maju, tapi posisi gigi tertingginya dibatasi sampai gigi 3.

Angka dua dan L atau 1 juga sama dengan 3. Angka 2 menahan gigi tertinggi di gigi 2, dan L menahan gigi tertinggi di gigi 1. Angka 1 dan 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

Selain itu, ada juga tulisan Shift Lock di sekitar tuas transmisi. Shift Lock berfungsi untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga dapat dipindah ke posisi N saat mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya.

Simak Video "Mengulik Renault Triber yang akan Mengaspal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed