Selasa, 02 Jul 2019 18:10 WIB

Benarkah Isi Bensin di Suhu Panas Bisa Membuat Mobil Meledak?

Dina Rayanti - detikOto
Isi bensin. Foto: Ridwan Arifin Isi bensin. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Suhu panas sering dikait-kaitkan dengan bahaya mengisi bensin. Masih ada beberapa kalangan yang mengatakan mengisi bensin di kala suhu panas bisa menyebabkan tangki mobil meledak.

Bahkan di Inggris yang tengah dilanda gelombang panas tersebar pesan broadcast terkait hal ini. Disebutkan dalam pesan yang beredar ada lima mobil meledak karena mengisi bensin di saat suhu sedang meningkat.


Benarkah demikian? Rupanya mengisi bensin di suhu panas dapat menyebabkan ledakan hanyalah sebuah rumor. Melansir The Sun, Selasa (2/7/2019), para ahli dengan tegas mengatakan tak ada bahaya yang ditimbulkan saat pengemudi mengisi bensin saat suhu meningkat.

Sistem tangki bensin sudah didesain sedemikian rupa untuk menjaga uap yang ditimbulkan dari bensin dan tak berisiko menimbulkan ledakan.

Pengemudi pun tak perlu khawatir jika memang harus mengisi bensin sementara suhu udara meningkat.


"Itu tak benar. Semua sistem tangki bensin pada mobil penumpang didesain untuk menangkap semua uap dari bensin. Tak ada risiko meledak saat mengisi bensin hingga penuh di tengah suhu panas. Pengendara tak perlu khawatir akan hal ini," ujar juru bicara RAC, Rod Dennis.

Sebelum dijual ke pasaran, mobil sudah diuji di cuaca ekstrem sekalipun.

Simak Video "PPNS Metrologi Kemendag Tak Temukan Kecurangan pada SPBU Condet"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed