Kamis, 30 Mei 2019 08:01 WIB

Lagi Macet Mudik Ngecas HP di Mobil Bahaya Nggak Sih?

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi ngecas HP di mobil. Foto: Toyota Astra Motor Ilustrasi ngecas HP di mobil. Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta - Perjalanan mudik memang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama-sama keluarga. Tapi kalau sudah ketemu macet di sepanjang perjalanan panjang pasti membosankan.

Salah satu cara yang ditempuh pengendara maupun penumpang untuk mengusir rasa bosan ketika macet mudik adalah dengan bermain handphone (HP).


Namun kalau sering dimainkan, baterai HP juga bisa cepat habis. Terlebih di kemacetan, sulit untuk menemukan tempat mengisi alias mengecas baterai HP.

Ngecas HP bisa dilakukan dengan mencolokkan kabel charger ke USB port atau Cigarette Lighter alias pemantik rokok. Rupanya kebiasaan itu membahayakan untuk HP dan juga mobil lho detikers!

Mengutip situs Riders Digest, Kamis (30/5/2019), listrik yang disediakan mobil mungkin lebih sedikit dari seharusnya. Mengecas HP di mobil artinya suplai energi yang dibutuhkan ponsel mengisi baterai tidak sesuai. Akibatnya, ponsel mungkin saja mati tiba-tiba saat sedang dicas. Atau lebih buruknya, HP malah tidak ngecas sama sekali.

"Banyak pengendara yang mungkin menyadari hanya sedikit peningkatan baterai ketika HP dicas di mobil, ujar Teknisi Staymobile Brad Nichols.

"Ini artinya HP membutuhkan energi yang lebih besar daripada yang bisa disuplai di mobil," jelasnya lagi.

Kemungkinan buruk kedua adalah HP justru menerima energi yang berlebihan ketika ngecas di mobil lewat pemantik rokok. Banyak pemantik rokok bisa menyediakan tenaga hingga 10 ampere, sedangkan charger HP hanya cukup satu hingga tiga ampere.


Penyaluran daya yang tidak konsisten ke HP bisa membuat ponsel panas hingga merusak komponen di dalamnya. Belum habis sampai di situ, kebiasaan mengecas HP di mobil juga bisa membuat aki cepat soak.

Apalagi kalau detikers ngecas HP dalam kondisi mobil mati karena aki masih terus memberikan daya. Dengan begitu aki aki jadi cepat habis dan soak.


Tonton video Begini Siasat Pemerintah Atasi Macet di Jalur Mudik:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed