Senin, 20 Mei 2019 10:37 WIB

Mobil Diangkut Ekspedisi, Bensin Harus Penuh atau Kosong?

Ruly Kurniawan - detikOto
Kuras Tangki Bensin. Foto: M Luthfi Andika Kuras Tangki Bensin. Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Mengisi tangki bensin kendaraan saat akan dilakukan ekspedisi menuai tanggapan berbeda. Ada yang beranggapan sebaiknya tangki bensin dikosongkan saja agar menghindari kejadian terbakar, ada juga sebaliknya.

Mekanik Astrido Toyota Jakarta, Suryadi menyebut, lebih baik mobil diisi bensin penuh sebelum dilakukan ekspedisi. Namun dalam catatan, jarak pengantaran cukup jauh.



"Hal ini dilakukan guna menghindari kondensasi, jadi sebaiknya penuh," kata dia kepada detikcom di Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Sedangkan Service Advisor Cahaya Motor Ramadhi mengatakan, memang adanya bensin di tangki berpotensi untuk adanya risiko kebakaran. Tapi ini tidak untuk mobil baru karena sudah punya sistem pencegahan yang lebih baik.



"Iya memang alasan tangki bensin dikosongkan saat dilakukan ekspedisi untuk mengurangi risiko terbakar. Tapi untuk mobil, ada baiknya disisakan sedikit karena untuk diparkirkan," kata dia.

"Namun untuk mobil yang baru, saya rasa sudah baik sistemnya sehingga tidak masalah bila tangki bensin terisi. Tidak harus benar-benar kering. Berbeda ya kalau untuk sepeda motor, karena penempatan (saat ekspedisinya) setahu saya berbeda," lanjut Ramdhani.

Mobil Diangkut Ekspedisi, Bensin Harus Penuh atau Kosong?
(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya