Rabu, 17 Apr 2019 13:07 WIB

Mumpung Libur, Habis Nyoblos Saatnya Manjakan Mobil Kesayangan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Cuci mobil. Foto: Thinkstock Cuci mobil. Foto: Thinkstock
Jakarta - Hari ini, Rabu 17 April 2019 ditetapkan menjadi hari libur nasional demi meramaikan pesta demokrasi pemilihan presiden dan legislatif. Mumpung libur, setelah nyoblos detikers bisa memanfaatkan waktu luang untuk memanjakan mobil kesayangan.

Apalagi, kalau mobil detikers dipakai setiap hari, mobil juga perlu dimanjakan. Setidaknya ada beberapa cara memanjakan mobil di hari libur ini, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000.

Pertama, detikers bisa mencuci mobil di hari libur Pemilu 2019 ini. Apalagi buat kendaraan yang kemarin menembus hujan, sebaiknya langsung dicuci. detikers bisa mencuci mobil di jasa cuci kendaraan atau mencuci mobil sendiri.



Auto2000 melalui situs resminya memberikan tips, kalau mencuci mobil sebaiknya jangan di bawah terik sinar matahari atau di bawah pohon rindang.

"Sinar matahari yang kuat bikin air cepat menguap dan meninggalkan jejak kotoran. Sedangkan pohon rindang bisa menjatuhkan kotoran seperti getah, daun, atau ranting yang membuat mobil kotor. Bahkan rusak kalau yang jatuh dahan yang besar," tulis laman tersebut.

detikers mau cuci mobil sendiri? Silakan sediakan alat dan bahan untuk cuci mobil seperti sampo mobil, sikat, kain chamois atau kanebo dan kain mikrofiber.

"Beri perhatian lebih pada bagian-bagian tersembunyi seperti kolong mobil dan area seputar ban. Ruang mesin juga bisa dibersihkan. Tapi jangan disemprot air. Cukup dengan mengelapnya pakai lap basah supaya tidak mengganggu kelistrikan mobil. Pastikan seluruh bagian kering sempurna sehingga tidak meninggalkan jejak noda yang bisa berubah jadi water spot alias noda jamur. Keringkan pula area yang sering terlupakan seperti sela-sela pintu, kaca, hendel pintu, dan kaca spion," tulis Auto2000.



Cara memanjakan mobil lainnya bisa dengan poles ringan mobil kesayangan. Untuk alat dan obat poles bisa dibeli di toko aksesori mobil atau supermarket.

Kalau mau poles ringan, bagian yang paling awal dikerjakan adalah kaca depan. Apalagi setelah diguyur hujan kaca depan biasanya kotor.

"Lanjut ke bodi mobil. Bagian yang patut mendapatkan atensi lebih adalah seputar area kap mesin dan atap. Itu karena kedua area tersebut rentan kena sinar matahari langsung dan hawa panas mesin. Kerjakan perpanel dan berurutan supaya efisien. Pun bila tidak selesai, Anda tidak bingung saat ingin meneruskannya esok hari," ujar Auto2000.

Nggak cuma cuci mobil dan poles bodi, hari libur ini bisa detikers manfaatkan untuk bersih-bersih kabin mobil. Keluarkan semua karpet mobil dan bersihkan. detikers juga bisa memanfaatkan vacum cleaner untuk membersihkan bagian kolong jok. Jangan lupa bersihkan jok, panel pintu, dasbor dan plafon atap.



Memanjakan mobil di hari libur jangan lupa mengecek ban serep. Sambil membersihkan bagasi, detikers bisa membersihkan ban serep beserta ruangannya. Setelah dibersihkan pastikan untuk mengecek tekanan angin ban serepnya.

Merawat mobil selanjutnya, cek cairan-cairan di mobil. Inspeksi bisa dimulai dari oli mesin, ganti oli jika sudah waktunya. Periksa juga kondisi air radiator, oli transmisi matik, minyak rem, air aki, serta cairan wiper.

Terakhir, cek bagian kolong mobil. Perhatikan apakah ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin. Periksa bagian kaki-kaki. Kalau ada masalah, detikers bisa bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

Mumpung Libur, Habis Nyoblos Saatnya Manjakan Mobil Kesayangan
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed