Senin, 15 Apr 2019 11:06 WIB

Mau Habiskan Long Weekend Pakai Mobil? Jangan Lupa Cek Ban

Rizki Pratama - detikOto
Cek tekanan angin ban. Foto: Grandyos Zafna Cek tekanan angin ban. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Akhir pekan ini akan menjadi long weekend. Ditambah libur Pemilu pada Rabu, 17 April dan Kenaikan Isa Almasih pada Jumat, 19 April 2019, detikers bisa menghabiskan long weekend sambil jalan-jalan.

Bagi yang memiliki mobil pribadi tentu beberapa di antaranya akan memilih untuk mengendarai mobil mereka sendiri. Sebelum menghabiskan long weekend akhir pekan ini, jangan lupa untuk periksa kondisi kendaraan seperti ban ya.



"Saya tidak sarankan langsung ganti ban tapi coba mampir ke toko ban dan cek bannya, kalau tidak layak silakan ganti," ujar Departmen Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Padulli pekan lalu.

Jika tidak perlu diganti, paling tidak lakukan perawatan khusus ban dengan mendiskusikannya kepada montir.

"Mudik itu jauh dan sebaiknya service bannya kalau perlu diganti ya diganti. Biasanya toko ban punya teknisi yang akan memberikan sarannya sesuai dengan destinasi perjalanan," tambah Frankie.



Selain 4 ban yang biasa digunakan tentunya ban cadangan juga perlu diperiksa dan dirawat dengan cara yang sama. Banyak kejadian tak terduga yang akan membuat ban mobil perlu diganti. Ban cadangan akan sangat berguna ketika perlu menggantinya ketika berada di tempat yang jauh dari bengkel.

"Ban serap tentunya butuh perawatan juga. Setiap servis saat tes angin sebaiknya ban serep dicek juga. Kita tidak pernah tahu kapan ban kita pecah atau tertusuk paku," tutur Frankie. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed