Senin, 04 Mar 2019 10:46 WIB

Ban untuk Drifting Asyiknya Pakai yang Seperti Apa?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Aksi drifting yang memungkinkan mobil melaju dalam keadaan miring dan ban yang 'ngesot' di atas lintasan memerlukan konfigurasi khusus. Salah satu part mobil yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik ini adalah memilih ban.

Secara umum jenis kompon ban tidak berpengaruh banyak dalam drifting. Untuk ban sendiri sebenarnya yang terpenting adalah menyesuaikan ukuran ban dengan mesin suatu mobil.



"Sebenarnya pakemnya bukan pada jenis ban yang keras atau lunak tapi tergantung power mobilnya dan tergantung setingan," ujar Pereli Indonesia, Rifat Sungkar yang meramaikan rangkaian acara Millenial Road Safety Festival 2019 bersama Korps Lalu Lintas Polri di Lapangan Polda Metro Jaya, Minggu (3/3/2019).

Rifat menganjurkan ukuran ban yang sesuai dengan kekuatan mesin lebih penting daripada jenis bannya sendiri. Semakin besar tenaga mobil maka direkomendasikan menggunakan ban yang lebih besar. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil powernya dianjurkan menggunakan ban yang lebih kecil.

"itu lebih ke arah ukuran mobil tenaga gede pakai ukuran 18-265 sedangkan mobil tenaga kecil 15-195. Jadi pakemnya itu di ukuran ban, bukan keras atau lunaknya," kata Rifat.



Mengenai pilihan roda penggerak Rifat mengatakan tidak ada keharusan menggunakan kendaraan berpenggerak roda belakang. Meskipun ia mengakui kebanyakan orang yang melakukan teknik drifting ini lebih memilih menggunakan mobil berpenggerak roda belakang.

"Mengenai jenis penggeraknya sebenarnya banyak yang lebih prefer mobil berpenggerak roda belakang. Tapi sebenarnya kembali lagi pada pilihan masing-masing tergantung enaknya dimana," terang Rifat.

Rifat menjelaskan mobil penggerak roda belakang bisa menghasilkan momen dimana mobil bisa mengalami oversteer yang bisa dikontrol.

"Alasan memilih roda penggerak belakang adalah penggerak roda belakang punya gejala yang namanya oversteer dan hal tersebut bisa dikontrol dengan set up geometri suspensi yang benar pada mobil berpenggerak roda belakang," pungkas Rifat

Ban untuk Drifting Asyiknya Pakai yang Seperti Apa?
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed